Persaingan motor trail di kelas 150 cc sudah semakin ramai. Sebelumnya, Kawasaki KLX 150 bisa dikatakan sebagai pelopor motor yang menyasar pasar hobi ini.
Kawasaki juga setia menghadirkan motor trail ini untuk konsumen di Indonesia dengan tetap memproduksinya sejak awal kemunculannya di 2009 lalu. Dan menariknya, motor ini masih digemari sampai saat ini.
Kawasaki KLX 150 2021 tidak banyak berubah dibandingkan model tahun sebelumnya. Motor trail ini merupakan generasi penerus dari KLX150S. Dari segi fitur dan teknologi, Kawasaki KLX 150 2021 juga bisa dibilang cukup sederhana.
Sektor mesin juga tetap dibiarkan apa adanya. Bahkan, jika diperhatikan sejak pertama kali meluncur, spesifikasi mesinnya tak berubah sama sekali. Meski demikian, Kawasaki KLX 150 2021 tetap digemari banyak pencinta motor trail.
Selain Kawasaki KLX 150 2021, ada juga varian lainnya, yakni KLX150L dan KLX150BF. Bagian yang membedakan hanyalah pada kaki-kaki dan pilihan warna yang disajikan. Sedangkan fitur dan spesifikasi mesin, ketiganya masih tetap sama.
Namun, keberadaan Kawasaki KLX 150 2021 bisa dikatakan mulai tergilas dengan adanya kompetitor, seperti Honda CRF 150L dan Yamaha WR 155R. Kedua motor trail tersebut memiliki fitur, teknologi, dan spesifikasi yang lebih unggul dari Kawasaki KLX 150. Dari segi harga, juga cukup bersaing dengan antara ketiga motor trail tersebut.
Secara tampilan, Kawasaki KLX 150 2021 menawarkan pilihan warna baru dengan grafis striping yang berbeda. Namun, desain bodinya masih dipertahankan sejak mengalami facelift pertamanya di 2016.
Lampu depan dibuat lebih membulat. Lekuk pada bodinya juga dibuat lebih tajam dan lebih tegas, begitu pula dengan desain pada bagian striping. Tempat duduknya didesain lebih sporty dengan model two tone.
Kawasaki KLX 150 2021 memiliki panjang 2.050 mm, lebar 830 mm, dan tinggi 1.115 mm. Jarak terendah ke tanah 255 mm. Jarak sumbu rodanya mencapai 1.355 mm.
Motor trail ini bisa dikatakan memiliki tinggi tempat duduk yang cukup rendah. Sebab, Kawasaki KLX 150 2021 dibekali ban depan berukuran 70/100-19 dan ban belakang berukuran 90/100-16.
Bagian kaki-kaki juga masih mengandalkan suspensi depan model teleskopik. Sedangkan pada suspensi belakangnya, Kawasaki KLX 150 2021 ini menggunakan swingarm model Uni-Trak, dengan monoshock yang mampu disetel pada bagian preload hingga 5 tingkat pengaturan.
Dengan bobot mencapai 116 jg, Kawasaki KLX 150 2021 hanya keluar dua pilihan warna saja, yakni warna hitam dan warna hijau khas Kawasaki.
Spesifikasi Kawasaki KLX 150 2021 | |
Panjang x Lebar x Tinggi | 2,050 x 830 x 1,115 mm |
Jarak Terendah ke Tanah | 255 mm |
Jarak Sumbu Roda | 1,355 mm |
Berat | 116 kg |
Suspensi Depan | 33 mm telescopic fork |
Suspensi Belakang | Uni-Trak, with 5-way adjustable preload |
Ban Depan | 70/100-19M/C 42P |
Ban Belakang | 90/100-16M/C 51P |
Layaknya motor trail pada umumnya, Kawasaki KLX 150 2021 pun memiliki postur yang jangkung alias cukup tinggi. Tapi, berkat ukuran roda depan dan roda belakang yang digunakan, motor trail ini masih cukup bersahabat dengan postur tubuh orang Indonesia pada umumnya.
Ditambah lagi, dengan bobotnya yang tidak terlalu berat, sehingga membuat pengendalian motor juga lebih mudah. Terlebih saat menggunakannya di jalanan off road.
Setangnya sudah cukup lebar dan tempat duduk dibuat sempit, khas motor trail. Posisi berkendaranya bisa dikatakan cukup ergonomis. Namun, bagi pengendara dengan tinggi badan di bawah 170 cm, pasti akan jinjit alias tidak bisa menapak dengan sempurna saat menaiki Kawasaki KLX 150 2021.
Kawasaki KLX 150 2021 dibekali dengan mesin SOHC, 2 katup, 4 langkah, berpendingin udara, dan kapasitasnya 144 cc. Diameter pistonnya 58 mm dengan langkah 54,4 mm. Rasio kompresi yang dihasilkan 9,5:1. Mesinnya Kawasaki KLX 150 2021 menggunakan transmisi manual 5 percepatan.
Dengan mesin tersebut, Kawasaki KLX 150 2021 mampu mengeluarkan tenaga maksimum hingga 8,6 kW pada 8.000 rpm dan torsi maksimum mencapai 11,3 Nm pada 6.500 rpm.
Untuk mengimbangi performa yang dihasilkan mesin, motor trail ini dilengkapi dengan rem depan cakram dengan ukuran 240 mm dan rem belakang cakram berukuran 190 mm. Cakram pada rem depannya sudah menggunakan model wavy, sehingga lebih cepat melepas panas dan membuat pengereman tetap optimal.
Spesifikasi Mesin Kawasaki KLX 150 2021 | |
Tipe Mesin | SOHC, 2 valves, Air-cooled, 4-stroke Single |
Diameter x Langkah | 58.0 x 54.4 mm |
Kapasitas Mesin | 144 cc |
Rasio Kompresi | 9.5:1 |
Tenaga Maksimum | 12 PS / 8,000 rpm |
Torsi Maksimum | 11.3 N.m / 6,500 rpm |
Rem Depan | Single 240 mm petal disc Twin-piston |
Rem Belakang | Single 190 mm petal disc Single-piston |
Jika bicara soal fitur, Kawasaki KLX 150 2021 termasuk motor trail yang konvensional. Tidak ada fitur canggih yang melekat pada motor ini. Sistem pencahayaannya masih mengandalkan bohlam biasa, panel meter masih analog, dan sistem suplai bahan bakarnya juga masih pakai karburator.
Harga Kawasaki KLX 150 2021 : Rp 30,9 - Rp 34,9 Juta
Urusan banderol, Kawasaki KLX 150 2021 dipasarkan mulai dari Rp 30,9 juta. Lalu, varian KLX 150L harganya Rp 32,6 juta untuk model 2020 dan Rp 32,5 juta untuk model 2019. Sedangkan untuk varian KLX 150BF, dibanderol Rp 34,9 juta (on the road Jakarta).
Meskipun minim fitur dan bisa dibilang cukup konvensional dibandingkan para rivalnya, tapi Kawasaki KLX 150 2021 merupakan motor trail yang sudah dikenal banyak orang dan diakui kualitasnya. Untuk penggunaan harian atau digunakan terabas, motor trail ini cukup tangguh dan bisa diandalkan.
Model dan teknologinya yang relatif sederhana, juga memudahkan untuk melakukan perawatan atau saat motor mengalami kendala mesin saat dipakai blusukan. Bengkel di pinggir jalan akan lebih mudah menangani masalahnya.