Lebih Boros dari Honda PCX, Menggoda kah Honda ADV 150 Dibeli?

Memiliki konsumsi BBM (bahan bakar minyak) irit, selalu menjadi trademark sepeda motor buatan PT Astra Honda Motor (AHM). Sama halnya dengan Honda ADV 150 yang bermain di segmen skutik medium. Meski begitu, catatan darinya tidaklah sebagus lini sekelas seperti Honda PCX. Lantas, masih menggoda kah untuk dijadikan pilihan? 

Informasi tentang efisiensi ini tentu cukup penting. Terlebih harga Honda ADV 150 sendiri dipatok lebih mahal daripada PCX. Sebagai penggambaran, ADV 150 versi termurah saja sudah dijual Rp 34 jutaan. Sementara penetapan harga Honda PCX termahal saja masih dikisaran Rp 32 jutaan. 

Selain Honda PCX, PT Astra Honda Motor memiliki Honda ADV 150 disegmen skutik medium.

Dengan uang tersebut, pembeli Honda PCX diklaim mampu membuat torehan konsumsi BBM mencapai 50,7 km/liter. Sementara pada ADV 150, pembelinya hanya mencapatkan torehan 46,6 km/liter saja. Untuk diketahui, kedua pencapaian didapat melalui pengujian internal dengan metode pengujian ECE R40 dan fitur Idling Stop System (ISS) sama-sama aktif. 

Bisa dilihat, ada selisih cukup besar antar keduanya. Padahal, struktur jantung mekanis ADV 150 bisa dibilang identik dengan PCX. Sebagai contoh pada soal diameter dan langkah piston, sama-sama diracik 57,3 x 57,9 mm (bore x stroke).

Kenyataannya, duet penggendong mesin SOHC 4 langkah 150 cc punya setelan rasio kompresi yang berbeda. Honda ADV 150 disetel lebih tinggi yaitu 10,8:1 dibanding PCX dengan penghitungan 10,6:1. Maka dari itu, wajar jika terdapat diferensiasi pada pencapaian masing-masing output. 

Honda ADV 150 memiliki torsi lebih besar dibanding Honda PCX.

Honda ADV 150 lebih Boros agar Akseleratif

Dengan rancangan tersebut, Honda PCX punya torehan tenaga 14,7 PS di 8.500 rpm dan torsi 13,2 Nm pada 6.500 rpm. Sementara pada Honda ADV 150 tercatat 14,5 PS @8.500 rpm dan 13,8 Nm pada putaran 6.500 rpm. Berdasarkan perbandingan itu, terlihat jika keluaran dayanya sedikit lebih kecil. Sebaliknya dengan momen puntir di mana ADV 150 lebih besar 0,5 Nm dari PCX.   

Ya, sebuah gap yang menerangkan bahwa Honda ADV150 memang sengaja dibuat agar lebih akseleratif ketimbang sang saudara. Logis bila akhirnya ia lebih boros daripada PCX. Bukan semata mengejar torsi besar, PT AHM menyematkan pula kemudi model tapered handle bar.

Belum lagi ukuran ban belang 110/80–14 dan 130/70–13 (depan-belakang). Sebagai pendukung, dipasangi jua ban jenis semi dual purpose - masih ideal untuk penggunaan di medan light offroad. 

Spesifikasi Mesin Honda ADV 150 2021
Tipe mesin 4 – Langkah, SOHC, eSP, Idling Stop System
Sistem Suplai Bahan Bakar PGM – FI ( Programmed Fuel Injection )
Diameter x langkah 57,3 x 57,9 mm
Perbandingan kompresi 10,6 : 1
Daya maksimum 10,7 kW ( 14,5 PS ) / 8.500 rpm
Torsi maksimum 13,8 Nm ( 1,34 kgf.m ) / 6.500 rpm
Tipe Kopling Automatic Centrifugal Clutch Dry Type
Tipe Starter Elektrik
Tipe Transmisi Otomatis, V-Matic

Apa yang Menjadikan Honda ADV150 Menarik?

Tak cuma peruntukkan yang lebih luas ketimbang PCX. Secara keseluruhan, Honda ADV 150 pun terasa lebih atraktif. Kentara pula dirinya menurunkan bahasa desain kepunyaan Honda X-ADV. Hal ini dapat dilihat pada cover muka. Pun demikian ihwal pemilihan dual headlamp LED. Sama pula dengan penerangan lain yang sudah menggunakan jenis lampu hemat daya.

Fasad Honda ADV150 mengadopsi Honda X-ADV.

Identitas bak penghuni etalase big bike Honda turut serta diadopsi Honda ADV150 lewat usungan windshield menjulang dan panel meter digital yang terbungkus layar berbentuk kotak. Serupa jua dengan X-ADV, Honda ADV150 ikut memakai sistem penguncian pintar bertajuk Smart Key System (SKS). 

Berkat setang lebar dan tinggi tadi, Honda ADV 150 menawarkan sensasi berkendara tak ubahnya motor adventure kebanyakan. Selain itu, pendukung untuk pemakaian di luar aspal pun ditunjang bentukan knalpot yang menjulang. Tak cuma itu, jarak kolong (ground clearance) Honda ADV 150 pun terbilang tinggi yaitu 165 mm. 

Rancang Bangun Honda ADV 150 2021
Dimensi (P x L x T) 1.950 x 763 x 1.153 mm
Tinggi Tempat Duduk 795 mm
Jarak sumbu Roda 1.324 mm
Jarak terendah ke tanah 165 mm
Berat kosong 132 kg ( Tipe CBS ), 133 kg ( Tipe CBS – ISS )
Rangka Double Cradle
Suspensi depan Teleskopik
Suspensi belakang Twin Subtank Rear Suspension
Ukuran Ban depan 110/80 – 14 M/C Tubeless
Ukuran Ban Belakang 130/70 – 13 M/C Tubeless
Rem depan Hydraulic Disc
Rem belakang Hydraulic Disc
Sistem Pengereman Triple Pot Hydraulic untuk tipe CBS ), Anti-lock Braking System (untuk tipe ABS)
Kapasitas tangki bahan bakar 8 liter
Kapasitas Bagasi 28 liter

Meski demikian, ia tetaplah sebuah skutik tulen. Toh, struktur kaki-kaki terutama soal peredam kejut, di depan tetap mengandalkan fork teleskopik. Sementara untuk bagian belakang, menggunakan dual shock absorber. Berbeda dari PCX, kepunyaan Honda ADV 150 sudah menggunakan suspensi belakang model subtank. Penyajian demikian tak ubahnya dengan penawaran yang disajikan oleh Yamaha NMax 2021. 

Kesimpulan

Sebagai salah satu skutik medium PT AHM, Honda ADV 150 memang bukan pencatat konsumsi BBM terbaik. Namun, klaim pabrikan terhadap pengujian ini kami rasa masih cukup moderat untuk  pemburu efisiensi sekalipun. Bagaimana tidak, dengan tangki bensin 8 liter terisi penuh, ia dikatakan sanggup menempuh perjalan sejauh 373 km. 

Boleh dikatakan juga Honda ADV 150 bisa menjadi pilihan Anda yang ingin merasakan penyegaran selain Honda PCX. Selain desain, penawaran impresi berkendara ADV jauh berbeda dari PCX. Namun tak dipungkiri ada harga yang mesti dibayar dengan kebaruannya tersebut.

Honda ADV150 tersedia dalam dua varian, CBS dan ABS.

Seperti kami singgung di awal, Honda ADV 150 dibanderol lebih mahal. Versi CBS sebagai varian terbawah dilego Rp 34,742 juta. Sementara harga Honda ADV 150 dipatok Rp 37,805 juta. Berbeda dengan versi basic, tipe ini sudah dilengkapi sistem pengereman ABS (anti-lock braking system) di roda depan.               
 

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi inform...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda ADV 150
Lihat