Lawan Semakin Tangguh, Ini Ragam Jurus Sakti Yamaha Nmax 155 2021 Untuk Hadapi Honda PCX 160 2021

Persaingan skutik premium bermesin 150 cc, saat ini semakin memanas. Apalagi kalau bukan karena hadirnya Honda PCX 160 2021, untuk menjawab model terbaru Yamaha Nmax 2021 yang telah ada sejak tahun lalu.

Segmen skutik premium memang dipelopori Honda PCX yang muncul pertama kali tahun 2010 lalu, tapi sejak tahun 2015 mendapatkan saingan dari Yamaha Nmax. Gacoan Yamaha itu kemudian sukses berkuasa dan mendapat respon positif.

Pilihan sulit antara Yamaha Nmax 155 2021 atau Honda PCX 160 2021.

PT Astra Honda Motor akhirnya sampai merakit lokal Honda PCX untuk menekan harga jual agar semakin bersaing. Honda PCX 150 rakitan dalam negeri, pertama kali muncul tahun 2018 lalu.

Honda PCX 160 2021 menjadi model kedua yang dirakit lokal di Sunter, Jakarta Utara. Model ini mendapatkan perubahan signifikan dan menyeluruh, bukan hanya minor update.

Beragam fitur dan teknologi yang ada ditingkatkan, dan ditambahkan. Bahkan performa mesinnya kini lebih besar dari Yamaha Nmax 155 2021, yang sebelumnya dikenal mampu berakselerasi cepat.

Honda PCX 160 2021 memang menggoda.

Meski begitu, Yamaha Nmax 155 2021 masih punya beragam jurus ampuh untuk bisa bersaing dengan jagoan baru Honda itu. Apa saja jurus saktinya? Mari disimak terus artikelnya.

1. Yamaha Nmax Punya Fitur Y-Connect

Ini fitur baru yang pertama kali diterapkan untuk Yamaha Nmax 155 2021, khususnya varian Connected dan Connected/ABS. Fitur konektivitas yang biasanya ada dimotor-motor harga ratusan juta, kini muncul untuk skutik seharga Rp 30 jutaan.

Fitur yang disebut Y-Connect ini bisa menghubungkan motor dengan smartphone pengendara, lewat perangkat communication contrl unit (CCU), yang terletak pada dashboard Yamaha Nmax 155 2021.

Panel instrumen Yamaha Nmax 155 2021.

Ketika motor dan smartphone terkoneksi, pengendara bisa memantau kondisi motor, rekomendasi perawatan oli dan aki, konsumsi BBM, lokasi parkir terakhir, notifikasi malfungsi, revs dashboard dan notifikasi pesan dan telepon masuk.

Honda PCX 160 2021 bahkan tak memiliki fitur ini, namun mesti diakui kalau desain panel instrumen skutik baru Honda lebih menarik dilihat, ketimbang milik Yamaha Nmax 155 2021 yang tampil sederhana dengan layar ala kalkulator.

Panel instrumen Honda PCX 160 2021 lebih menarik.

2. Mesin VVA Jadi Andalan

Honda PCX 160 2021 dibekali mesin eSP+ 156,9 cc yang lebih bertenaga. Outputnya mencapai 16 PS pada 8.500 rpm, dengan torsi 14,7 Nm diputaran 6.500 rpm.

Yamaha Nmax 155 2021 dengan mesin 155 cc, tenaganya tercatat 15,3 PS diputaran 8.000 rpm dan torsi 13,9 Nm pada putaran 6.500 rpm. Ada selisih tenaga 0,7 PS dan torsi 0,8 Nm.

Mesin eSP+ Honda PCX 160 2021 lebih bertenaga.

Artinya kini Yamaha Nmax tak lagi lebih kuat dari Honda PCX, tapi mesin Yamaha Nmax dibekali katup variable VVA yang bisa menjaga tenaga mesin selalu kuat disetiap rentang putaran mesin.

Katup VVA ini bekerja sesuai putaran mesin dengan dua durasi noken as. Saat putaran rendah sampai tengah, pakai durasi pertama dan saat putaran tengah sampai atas, pakai durasi kedua.

Kinerja katup VVA diatur secara otomatis oleh selenoid elektronik, yang akan aktif diputaran menengah. Kala VVA aktif, akan terdengar  bunyi 'cetek' diikuti munculnya indikator VVA pada panel instrumen.

Mesin Yamaha Nmax 155 2021 dengan VVA.

3. Handle Bar Switch Control Memudahkan

Untuk mengganti-ganti informasi yang ditampilkan pada layar panel instrumen, pengguna Honda PCX 160 2021 masih harus melepas tangan, untuk menekan tombol mode atau select di bawah layar panel instrumen.
Posisi ini agak riskan dilakukan sambil berkendara.

Sementara pengguna Yamaha Nmax 155 2021, cukup memanfaatkan handle bar switch control untuk mengganti informasi yang ingin ditampilkan. Kedua tangan tetap memegang setang, otomatis lebih aman.

Atur panel instrumen lebih mudah di Yamaha Nmax 155 2021.

4. Sub Tank Suspension Lebih Kokoh

Karakter Yamaha Nmax 155 2021 dibuat lebih sporty, karena punya handling yang lebih kaku dan stabil untuk melibas tikungan. Menjawab keluhan suspensi belakang yang keras, Yamaha membekalinya dengan suspensi belakang model tabung.

Selain untuk membuat peredaman lebih lembut, juga tampilan motor lebih berisi. Tapi soal nyaman, Honda PCX 160 2021 boleh sombong, redaman lebih empuk, apalagi model terbaru punay jarak main yang lebih panjang.

Suspensi tabung Yamaha Nmax 155 2021.

5. Rem ABS Dual Channel

Kedua skutik tersebut sudah dibekali rem cakram ganda dikedua roda, dan berlaku untuk seluruh varian yang ditawarkan. Artinya tak ada varian yang masih mengandalkan rem tipe tromol untuk roda belakangnya.

Untuk varian teratas, juga sudah dilengkapi teknologi rem ABS (anti-lock braking system). Bedanya Yamaha membekali Nmax 155 dengan rem ABS dual channel, sedangkan Honda PCX 160 2021 hanya ABS single channel.

Tapi kalau melihat pada tipe terendah, rem Yamaha Nmax hanya andalkan rem cakram ganda biasa. Kalau Honda PCX 160, ada teknologi andalannya yang disebut dengan CBS (combi brake system).

Yamaha Nmax 155 2021 andalkan rem ABS dual channel.

6. Harga Yamaha Nmax 155 2021 Lebih Murah

Dari segala fitur dan teknologi yang ditawarkan, tentu akan berimbas pada harga jualnya. Soal ini, range harga jual untuk Yamaha Nmax 155 2021 memang lebih bersahabat untuk konsumen.

Varian terendah masih dijual dengan nominal tak sampai Rp 30 juta, tepatnya Rp 29,75 juta saja. Lalu varian tengah ada Connected yang dilepas Rp 31 juta dan varian teratas yakni Connected/ABS dengan Rp 33,75 juta.

Ragam varian Honda PCX 160 2021 yang dijual mulai dari Rp 30 jutaan.

Honda PCX 160 2021 sendiri termurah diangka Rp 30,35 juta untuk varian CBS. Lalu varian ABS dilepas Rp 33,95 juta. Jika punya dana lebih dan ingin teknologi lebih canggih, bisa jajal varian e:HEV dengan harga Rp 43,55 juta.

O iya, harga tersebut on the road Jakarta dan dirangkum dari situs resmi masing-masing merek ya.

Kesimpulan

Kedua motor ini memang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Mau punya skutik yang terbaru maka Honda PCX 160 2021 pilihannya. Tapi jika ingin fitur ala motor raturan juta, bisa coba Yamaha Nmax 155 2021 dengan fitur konektivitasnya.

Tampilan depan-belakang Yamaha Nmax 155 2021.

Selain yang disebutkan di atas, kedua skutik tadi memiliki fitur yang relatif sama, seperti power outlet, smart key system, starter halus ACG Starter di Honda dan SMG di Yamaha, lampu depan-belakang LED dan bagasi luas.

Pada akhirnya konsumen juga yang diuntungkan dengan adanya persaingan kedua pabrikan ini. Tinggal ditentukan, mana yang sesuai selera dan isi dompet pastinya. Bukan begitu?

Data Spesifikasi Yamaha Nmax 155 VS Honda PCX 160 2021
  Yamaha Nmax Honda PCX
P x L x T 1.935 x 740 x 1.160 mm 1.936 x 742 x 1.108 mm
Sumbu Roda 1.340 mm 1.313 mm
Tinggi Jok 765 mm 764 mm
Jarak Terendah 124 mm 135 mm
Kapasitas Tangki 7,1 liter 8,1 liter
Berat

130 (STD & Connectd)

132 (Connected/ABS)

131 kg (CBS)

132 kg (ABS)

     
Tipe Mesin 4-tak, SOHC 4 katup VVA, Blue Core 4-tak, SOHC 4 katup, eSP+
Kapasitas 155 cc 156,9 cc
Diameter x Langkah 58 x 58,7 mm 60 x 55,5 mm
Rasio Kompresi 11,6 : 1 12 : 1
Tenaga Maksimal 15,3 PS @ 8.000 rpm 16 PS @ 8.500 rpm
Torsi Maksimal 13,9 Nm @ 6.500 rpm 14,7 Nm 6.500 rpm
Transmisi Otomatis CVT Otomatis CVT
     
Tipe Rangka Underbone Double cradle
Suspensi Depan Teleskopik Teleskopik
Suspensi Belakang Ganda, dengan tabung Ganda
Ban Depan 110/70-13 110/70-14
Ban Belakang 130/70-13 130/70-13
Rem Depan Cakram Cakram
Rem Belakang Cakram Cakram
     
Harga Rp 29,75 juta (Standard) Rp 30,35 juta (CBS)
  Rp 31 juta (Connected) Rp 33,95 juta (ABS)
  Rp 33,75 juta (Connected/ABS) Rp 43,55 juta (e:HEV)
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda PCX
Lihat