Honda PCX 160 2021 hadir sebagai suksesor Honda PCX 150. Dengan begitu, produk baru buatan PT Astra Honda Motor (AHM) punya taji lebih tajam untuk bersaing di segmen skutik kelas menengah. Pertanyaannya, bagaimanakah nasib si pengusung mesin lawas itu?
Hal tersebut pun dijawab oleh pihak pemegang merek saat peluncuran Honda PCX 2021, beberapa waktu lalu. Seperti terlihat dari laman situs resmi pabrikan, PCX 150 tak lagi menjadi bagian dalam katalog produk PT AHM. Yang artinya, sudah berganti dengan All New Honda PCX 2021.
"Honda PCX 150 akan digantikan oleh PCX 160. Kami akan menghabiskan stoknya dan tidak akan memproduksinya lagi karena dilanjutkan oleh PCX 160," ucap Matsuo Usui, Marketing Director PT AHM.
Selaras pula dengan penjelasannya, Honda PCX 150 itu pun masih tersedia di jaringan penjualan PT AHM. Indikasi untuk menghabiskan ketersediaan unit pun tampak lewat program menarik seputar si produk. Sebagai contoh dari dua main dealer sepeda motor berikut.
PT Daya Adicipta Motora (DAM) misalnya, memberikan diskon Rp 1 juta untuk pembelian Honda PCX 150 di Februari 2021 ini. Meski begitu, diler utama untuk wilayah Jawa Barat ini tak menyebutkan secara khusus peruntukkan promonya. Untuk mengetahui penetapannya untuk pembelian kredit atau cash, silahkan tanya ke pihak terkait.
Lain halnya dengan suguhan PT Wahana Makmur Sejati (WMS). Jaringan yang membawahi diler seputaran Jakarta dan Tangerang menyebutkan, diskon Rp 1,2 juta hanya berlaku untuk pembelian Honda PCX 150 ABS saja. Diberikan ke dalam pengurangan uang muka untuk pembelian Honda PCX 150 ABS secara kredit.
Untuk mendapatkan penghitungan konkrit-nya, coba lah untuk menghubungi atau mengujungi jaringan diler mereka semisal Honda Cengkareng. Terakhir kali (sebelum Honda PCX 160 dirilis), PCX 150 ABS dipatok dengan harga Rp 34,223 juta. Kemudahan dalam kepemilikannya pun ditunjang oleh keragaman nominal uang muka serta lamanya masa cicilan.
Jika muncul pertanyaan demikian, wajar jika kebanyakan dari Anda merasa PCX 150 menjadi kurang menarik. Terlebih kita pun tahu bahwa sang penerusnya (PCX 160) hadir dengan konstruksi mesin yang benar-benar baru. Bukan semata peningkatan kubikasi, rancang jeroan seperti jumlah katup (dua katup menjadi empat katup), diameter dan langkah piston hingga rasio kompresinya ikut berubah total.
Maka wajar bila Honda PCX 160 punya torehan output di atas Honda PCX 150. Di atas kertas, PCX 160 mampu menghasilkan daya 16,2 PS @8.500 rpm dan torsi 15 Nm @6.500 rpm. Terdapat selisih signifikan dari sang pendahulu (PCX 150) dengan pencapaian maksimal 14,7 PS @8.500 rpm dan 13,2 Nm @6.500 rpm.
Walau demikian, Honda PCX 150 masih layak untuk Anda pinang. Eleganitas dengan kombinasi agresif masih ditawarkan oleh produk satu ini. Ditambah lagi padu padan sistem penerangan LED sebagai penegas modernitas. PCX 150 pun menyajikan posisi berkendara ergonomis untuk pengendara. Belum lagi soal akomodasi. Bagasi PCX 150 memiliki kapasitas 28,8 liter. Sementara untuk menampung bahan bakar, tangkinya mampu menenggak bensin sebanyak 8 liter.
Dia memang belum dilengkapi dengan fitur pengontrol traksi layaknya Honda PCX 160. Kemudian, pembeli PCX 150 varian tertinggi bisa memanfaatkan perangkat rem anti-lock braking system (ABS), walau hanya di roda depan saja. Ya, sedikit kurang lengkap kala menyandingkannya bersama Yamaha NMax ABS yang sudah menyematkan sensor pada kedua roda (depan-belakang).
Walau ada beberapa kekurangan dibanding kompetitor, menurut kami PCX 150 masih ideal untuk dibeli. Dengan adanya potongan tadi, harga jual Honda PCX 150 khususnya tipe ABS menjadi lebih murah dari Yamaha NMax Connected ABS 2021. Jika ditilik dari segi banderol, lini paling atas NMax itu dilepas Rp 33,750 juta.
Sementara itu, harga PCX 150 setelah kena diskon jadi Rp 33,023 juta (dikurangi Rp 1,2 juta). Bukan saja lebih murah. Honda PCX 150 tercatat sebagai salah satu skutik irit Honda. Seperti penyampaian PT AHM, konsumsi BBM Honda PCX 150 tercatat mencapai 50,7 km/liter.