Jagat dunia maya beberapa hari belakangan ini heboh dengan hasil pengetesan Honda PCX 160 2021 yang dilakukan di sirkuit Sentul, Bogor. Hal yang mengundang perhatian adalah, skutik terbaru Honda itu dites bersamaan dengan Yamaha Nmax 155 2021.
Pengetesan ini memang bukan pengetesan resmi, melainkan dilakukan oleh penghobi dan blogger otomotif. Lokasi sirkuit dipilih karena bisa mengakomodir pengetesan, salah satunya pembuktian topspeed yang bisa diraih Honda PCX 160.
Baca juga : Beragam Pertanyaan Yang Timbul Terkait Honda PCX 160 2021, Masih Ragu Untuk Beli?
Yang membuat heboh penggemar sepeda motor di Indonesia adalah, Honda PCX 160 'hanya' mampu meraih topspeed diangka 117 km/jam saja, meski akselerasinya unggul. Sementara Yamaha Nmax 155, dalam pengetesan tersebut bisa mencapai 125 km/jam.
Padahal di atas kertas, spesifikasi Honda PCX 160 ini lebih unggul dari Yamaha Nmax 155, karena mengandalkan mesin yang total baru yang memiliki output tenaga dan torsi lebih besar dari kompetitornya itu.
Honda menyematkan mesin berteknologi eSP+ (enhanced smart power plus), dengan spesifikasi 4-tak, SOHC 4 katup pendingin cairan. Mesinnya berkarakter overbore, dalam artian diameter piston lebih besasr dibandignkan langkah piston.
Baca juga : Lawan Semakin Tangguh, Ini Ragam Jurus Sakti Yamaha Nmax 155 2021 Untuk Hadapi Honda PCX 160 2021
Ukuran diameter pistonnya 60 mm dan langkah piston 55,5 mm. Dalam situs resmi Honda Jepang, hal ini dilakukan untuk memberi ruang kepada empat buah katup tadi, sehingga ukuran mesin bisa tetap ringkas.
Sistem tensioner rantai keteng juga sudah tipe hidrolis, dan pelumasan piston langsung yang disebut oil jet piston. Tenaga yang mampu dihasilkan 16 PS di 8.500 rpm dan torsi 14,7 Nm di 6.500 rpm.
Performa mesin meningkat juga sumbangsih ukuran throttle body yang diperbesar jadi 28 mm, dan desain intake, boks filter udara dan knalpot baru. Penyakit gredek yang menjadi masalah pada mesin sebelumnya, diantisipasi dengan merombak komponen CVT.
Jika dibandingkan dengan Yamaha Nmax 155 2021 dengan mesin 155 cc, tenaganya tercatat 15,3 PS diputaran 8.000 rpm dan torsi 13,9 Nm pada putaran 6.500 rpm. Ada selisih tenaga 0,7 PS dan torsi 0,8 Nm, lebih besar Honda PCX 160.
Baca juga : Bukan Sekadar Ada, Ini Pentingnya Kontrol Traksi di Honda PCX 160 dan Yamaha Nmax 155
Dibandingkan model sebelumnya, harga Honda PCX 160 ini hanya naik tipis saja. Untuk varian CBS (Combi Brake System), banderolnya hanya naik Rp 507 ribu saja menjadi 30,35 juta.
Lalu untuk varian ABS (Anti-lock Braking System) naik Rp 1,108 juta menjadi Rp 33,95 juta karena ada tambahan fitur HSTC (Honda Selectable Torque Control). Malah untuk varian e:HEV, hanya naik 257 ribu saja menjadi 43,55 juta.
Harga selengkapnya bisa dilihat pada tabel di bawah ini.
Harga All New Honda PCX 2021 | ||
---|---|---|
Honda PCX 160 CBS | Rp 30,35 juta | |
Honda PCX 160 ABS | Rp 33,95 juta | |
Honda PCX e:HEV | Rp 43,55 juta | |
*harga on the road Jakarta dari situs resmi AHM |
Angka topspeed tadi untuk sebagian orang memang cukup mempengaruhi pilihan dalam membeli sebuah sepeda motor. Namun untuk penggunaan harian, tentu akan sangat langka bisa memacu sepeda motor sampai kecepatan puncaknya.
Dalam hal ini, akselerasi putaran bawah lebih diperlukan mengingat kondisi jalanan kota yang padat cenderung stop and go. Dan yang pasti kenyamanan, fitur dan akomodasi berkendara juga menjadi hal penting yang harus diperhitungkan.
Baca juga : Simak Keunggulan dan Kekurangan Honda PCX 160 Dibanding Yamaha Nmax 155
Lagi-lagi semua kembali pada selera dan kebutuhan, pada akhirnya Anda sebagai konsumen diuntungkan dengan adanya produk-produk terbaik pada kategori skutik 150 cc saat ini.
Spesifikasi Honda PCX 160 2021 | ||
---|---|---|
Dimensi | ||
P x L x T | 1.935 x 742 x 1.108 mm | |
Sumbu Roda | 1.313 mm | |
Jarak Terendah | 134 mm | |
Tinggi Jok | 764 mm | |
Kapasitas Tangki | 8,1 liter | |
Berat Isi | 129 kg (CBS) 131 kg (ABS) | |
Mesin | ||
Tipe | 4-tak, SOHC 4 katup, eSP+ | |
Kapasitas | 156,9 cc | |
Diameter x Langkah | 60 x 55,5 mm | |
Rasio Kompresi | 12 : 1 | |
Suplai Bahan Bakar | Injeksi, PGM-FI | |
Transmisi | Otomatis, V-matic | |
Tenaga Maksimal | 16 PS @ 8.500 rpm | |
Torsi Maksimal | 14,7 Nm @ 6.500 rpm | |
Rangka & Kaki-Kaki | ||
Tipe | Duplex steel cradle | |
Suspensi Depan | Teleskopik | |
Suspensi Belakang | Ganda | |
Ban Depan | 110/70-14 | |
Ban Belakang | 130/70-13 | |
Rem Depan | Cakram | |
Rem Belakang | Cakram |