Motor tipe sport fairing 150-155 cc nyatanya masih menggiurkan bagi para pabrikan sepeda motor. Jadi wajar kalau penyegaran di kelas ini justru lebih sering dibandingkan kelas sport fairing 250 cc.
Tercatat ada 3 pabrikan besar yang bermain di kelas ini dengan produk andalannya. Seperti Suzuki dengan GSX-R150, lalu Honda dengan CBR150R, dan Yamaha dengan R15 serta R15M.
Masing-masing produk memiliki ciri dan beragam fitur unggulan, lantas berapa update harga line up sport 150-155 cc untuk bulan Juli 2022 ini? Simak ulasannya di bawah ini.
Motor sport fairing di kelas 150-155 cc paling terjangkau ada pada Suzuki GSX-R150. Motor ini hadir dalam 2 varian, ada tipe keyless yang dibanderol Rp 34,231 juta on ther road Jakarta dan tipe ABS seharga Rp 37, 257 juta on the road Jakarta.
Baca juga: Apiknya Warna Baru Suzuki GSX250R 2022, Cocok Juga Buat Gixxer SF 250
Basic mesin overbore yang sudah digunakan sejak Satria F150 dan FXR 150 masih dipertahankan, namun dengan sedikit penyempurnaan. Salah satunya adalah sistem pengkabutan yang menjadi injeksi.
Klaim tenaga maksimalnya 19,1 ps di 10.500 rpm dengan torsi 14 Nm pada 9.000 rpm. Pendingin cairan disematkan untuk menjaga suhu mesinnya tetap terjaga selama perjalanan.
Selain ABS dan keyless, ada fitur lain seperti Easy Start System, spidometer digital dengan informasi yang cukup lengkap. Ada gear indicator, tachometer, hingga shift light yang bisa diatur waktu nyalanya.
Dari pabrikan sayap tunggal, ada Honda CBR150R yang memang menjadi ikonik di segmen sport dari Honda. Motor ini pun sudah mengalami banyak perubahan hingga sampai saat ini.
Baca juga: Seberapa Nyaman Honda CBR150R 2022 Dipakai Harian? Ini Jawabannya
Fitur yang disuguhkan Honda CBR150R bisa dibilang lebih modern dan lengkap dibanding kompetitornya. Seperti penggunaan lampu full LED dan fitur ESS (Emergency Stop Signal).
Fitur ESS akan menyalakan keempat sein secara cepat ketika ECM mendeteksi motor berhenti secara mendadak di kecepatan tinggi, namun saat ini fitur tersebut hanya tersedia untuk varian ABS.
Di generasi terakhir ini, Honda CBR150R menganut desain yang identik dengan sang kakak yaitu Honda CBR250RR. Bisa terlihat dari fascia dengan desain reflektor tegas dengan DRL, begitu pula di lampu belakangnya.
Mesin yang digunakan Honda CBR150R juga digunakan pada Honda Supra GTR 150, Honda Sonic 150, Honda CBR150R, dan Honda CB150X. Mesin berkode K56 ini square dengan diameter piston 57,3 mm serta panjang langkah 57,8 mm.
Baca juga: Video : Honda CBR150R 2022, Motor Sport Yang Tak Seperti Kompetitornya
Kepala silindernya DOHC dengan 4 katup, radiator turut disematkan untuk mendinginkan mesin. Klaim tenaga maksimalnya 17,1 ps di 9.000 rpm dengan torsi 14,4 Nm pada 7.000 rpm.
Honda CBR150R punya banyak varian dengan harga yang beragam. Paling murah ada varian non ABS warna Victory Black Red, Dominator Red Black, dan Matte Black Non ABS yang dibanderol Rp 36,741 juta OTR Jakarta.
Berikutnya masih varian non ABS tapi dengan warna Honda Racing Red yang dijual seharga Rp 37,447 juta OTR Jakarta. Lanjut ada varian ABS warna Victory Black Red dan Dominator Red Black dengan harga Rp 40,817 OTR Jakarta.
Lanjut ada varian ABS dengan warna Honda Racing Red dan Tricolor ABS dengan harga Rp 41,523 juta OTR Jakarta. Terakhir ada CBR150R ABS varian MotoGP Edition yang dibanderol Rp 41,726 juta OTR Jakarta.
Yang terakhir dan juga menjadi sport 155 cc dengan harga paling tinggi ditempati oleh Yamaha R15 dan R15M. Untuk tipe Yamaha R15 dibanderol Rp 39,240 juta OTR Jakarta, Yamaha R15M Connected ABS Rp 43,885 juta OTR Jakarta, dan paling tinggi ada Yamaha R15M Connected ABS WGP 60th seharga Rp 44,495 juta OTR Jakarta.
Baca juga: Yamaha R15M 2022 Rilis di Malaysia Pakai Livery MotoGP, Harga Tembus Rp 50 Juta!
Yamaha R15 generasi terbaru ini punya desain yang cukup ikonik, khas akan keluarga R series. Terutama ke Yamaha YZF-R7 yang mana menggunakan lampu utama tunggal tipe LED projector di sisi tengah.
Lampu utamanya tertanam pada M-Shapped yang terinspirasi dari motor balap MotoGP Yamaha YZR-M1. Di sampingnya terdapat DRL tipis yang memberikan kesan gahar.
Yang tidak kalah ketinggalan ada pada penggunaan spidometer yang mirip dengan Yamaha YZF-R1. Isi informasi serta layout spidometer sangat mencirikan tunggangan racy, bahkan ada 2 tampilan yang bisa dipilih. Ada Track Mode dan Street Mode. Tapi spidometer ini hanya ada pada tipe Yamaha R15M.
Suguhan fitur baru yang umumnya digunakan pada moge pun turut disematkan di motor ini. Seperti adanya quick shifter, assist & slipper clutch, ABS dual channel, dan traction control system.
Baca juga: Test Ride Yamaha R15M Connected-ABS 2022, Tampang Moge dan Fiturnya Juara
Gak ketinggalan ada fitur connected pada kedua motor ini. Dengan begitu smartphone pengendara bisa terkoneksi dengan motor dan bisa menampilkan notifikasi di spidometernya.
Di sektor mesin juga gak kalah canggih. Punya kapasitas mesin paling besar yaitu 155 cc berkat penggunaan diameter piston 58 mm dan panjang langkah 58,8 mm. Kepala silindernya SOHC 4 katup lengkap dengan VVA.
Ini membuat powerband lebih lebar, sehingga tenaga mesin terasa terus mengisi sejak putaran rendah hingga limiter. Klaim tenaga maksimalnya 19,3 ps pada 10.000 rpm dan torsi 14,7 Nm di 8.500 rpm.
Mau pilih mana nih?