5 Keunggulan Yamaha Jupiter Z1 Bekas, Mulai Rp 5 Jutaan Pas Buat Harian

Yamaha Jupiter Z1 putih dan hijau kini tak lagi diproduksi
  • Desain bodi bertahan selama 11 tahun.
  • Mesinnya dikenal irit dan bertenaga.

Pekan ini PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) merilis versi terbaru dari Yamaha Jupiter Z1. Hal ini disebutkan sebagai simbol jika segmen motor bebek masih hidup di Indonesia.

Di mana segmen motor bebek tetap digemari karena praktis, irit dan kebandelannya. Serta pengguna harian atau komuter yang bukan pengincar motor dengan fitur melimpah.

Meski demikian, saat ini Yamaha Jupiter Z1 terbaru dilepas dengan banderol Rp 19,79 juta on the road Jakarta. 

Artinya, harga tersebut lebih mahal dari dua model matic entry level Yamaha seperti Mio M3 yang dilepas Rp 17,4 jutaan atau Gear 125 dengan Rp 18,2 jutaan.

Sehingga opsi yang lebih terjangkau bisa ditemukan pada unit bekasnya. Apalagi Yamaha Jupiter Z1 masih eksis meski masa edarnya sudah mencapai 11 tahun.

Ada lima keunggulan yang bisa didapat saat Anda memutuskan untuk menebus motor bekas dari Yamaha Jupiter Z1.

1. Tampilan Masih Up To Date

Menilik perjalanan model Yamaha Jupiter Z1 yang diluncurkan sejak 2012 silam, namun hingga kini tak ada ubahan yang dilakukannya. Dari segi tampilan, Yamaha hanya mengubah skema warna bodi dan grafisnya saja.

Sehingga pembeli unit bekas buatan tahun lamanya pun tak terlihat ketinggalan jaman. Sebab secara tampang memang tak banyak berubah. 

Desain masih terlihat modern

Cukup dengan melakukan detailing atau poles bodi hingga mengilap, kesan baru di motor ini tetap terlihat segar.

Gaya tak lekang jaman dari Yamaha Jupiter Z1 ini didukung desain bodi yang merepresentasikan karakter sporty. Serta lekuk nan ramping untuk menunjang tingkat aerodinamis. 

Di bagian penerangan memang masih memakai lampu bohlam. Tapi didukung oleh tipe double headlamp serta tail light dengan desain aerodinamis. 

Baca Juga: Yamaha Jupiter Z1 2023 Dapat Penyegaran, Ini Bedanya Dari Tahun Lalu

2. Mesin Irit dan Bertenaga

Sejak awal meluncur, Yamaha Jupiter Z1 memang didesain sebagai kendaraan harian yang efisien dan tangguh. Sehingga meski kerap turun di arena balap road race, tapi mesin yang dipakai harus tetap irit BBM.

Itu sebabnya, Jupiter Z1 sudah dibekali sistem injeksi yang membuat konsumsi bensinnya tembus 50 km/liter.

Kerap jadi motor balap

Klaim performanya juga meningkat 20 persen karena mengadopsi teknologi motor balap YZ Crankshaft Technology, Low Friction Technology dan Forged Piston.

Spesifiki detail mesin ini bertipe 4-tak 115 cc, dengan konfigurasi khas bebek yakni SOHC, pendingin udara dengan transmisi 4-percepatan semi otomatis. 

Tenaganya cukup baik di angka 10 PS di 7.750 rpm dan torsi 9,8 Nm di 6.750 rpm.

Meski demikian, angka kompresi mesin Jupiter Z1 rendah yakni 9,3:1 saja. Membuatnya bisa menenggak segala jenis bensin yang ada di Indonesia.

3. Harga Jual Terjangkau

Karena beredar cukup lama, harga jual Jupiter Z1 bekas pun bervariasi. Tergantung pada tahun pembuatan dan kondisi motor. Serta lokasi penjual dan pajaknya.

Edisi lawas ada versi jari-jari

Untuk varian lawas seperti keluaran 2012-2013 sudah bisa ditebus mulai dari Rp 5 jutaan. Namun untuk keluaran tahun muda seperti 2020 ke atas, banderolnya masih di atas Rp 11 jutaan.

4. Dimensi Kompak dan Nyaman Dikendarai

Motor bebek dikenal dengan posisi berkendara yang nyaman dan dimensi kompak. Hal ini pun berlaku di Jupiter Z1 yang punya ukuran ramping.

Ukuran P x L x T Jupiter Z1 di angka 1.935 x 680 x 1.065 mm dan jarak sumbu roda 1.240 mm membuat pengguna dapat bermanuver dan handling dengan lincah.

Sejak 2012 tak ada ubahan tampang

Apalagi tinggi joknya hanya 765 mm dan berat isi 102 kg saja, membuatnya dapat dikendarai oleh pemula sekali pun.

Baca Juga: Tanpa Konektivitas, Yamaha Aerox 155 Lite Version lebih Murah Ratusan Ribu

5. Spare Parts Murah dan Mudah Didapat

Meski dikenal bandel, tapi komponen Jupiter Z1 terbilang masih terjangkau. 

Misalnya di bagian mesin seperti silinder blok hanya Rp 296 ribu saja, lalu klep Rp 47 ribu. Bahkan mika spidometer hanya Rp 23 ribu saja.

Suku cadang melimpah

Soal ketersediaan, ada lebih dari 1.600 bengkel resmi dan rekanan penjualan spare parts dari motor Yamaha yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Selain itu, penjualan secara online juga memudahkan pengguna Jupiter Z1 bekas untuk membeli suku cadang motornya.

Harga jual komponen pun bisa dipantau via aplikasi YPEC atau Yamaha Part Electric Catalogue. Jadi tak perlu cemas mengenai harga komponennya.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Video Pendek Terkait

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Bisa Jadi Inspirasi, Motor Listrik Honda EM1 e: Berbalut Livery Repsol Honda

Dipakai sebagai paddock bike MotoGP Jepang. Cocok buat inspirasi modifikasi di Indonesia. Arena MotoGP tengah ramai dengan kabar mengenai pisahnya Marc Marquez dengan tim Repsol Honda di akhir musim 2023. Tapi ada hal lain yang menarik dari Repsol Honda di MotoGP Jepang yang berlangsung di sirkuit Motegi akhir pekan lalu. Pasalnya ada dua unit motor listrik Honda EM1 e: yang jadi paddock bike tim tersebut, rasanya cocok jadi inspirasi modifikasi untuk calon pembelinya kelak. Berlabur Livery Reps

Gak Cuma Pameran Motor, Ini Kegiatan Menarik Lain di IMOS+ 2023

Banyak kegiatan khas bikers di IMOS+ 2023. Luas pameran jadi dua kali lipat. Akan ada hal berbeda dari event Indonesia Motorcycle Show (IMOS) di tahun ini. Selain namanya yang menjadi IMOS+ 2023, lokasi gelaran pun beralih dari JCC di Senayan ke ICE di BSD, Tangerang. Efeknya akan memiliki area pameran dua kali lebih luas dibandingkan penyelenggaraan IMOS sebelumnya. Dengan demikian dapat menghadirkan lebih banyak inovasi dari industri sepeda motor Indonesia. Siap Hadirkan Lebih Banyak Kegiatan

Tengok Ubahan Honda RC213V Marquez 2017-2023, Wingletnya Makin Rumit!

Musim 2017 ada revisi desain winglet. Desainnya makin radikal sejak 2022. Tren penggunaan winglet di ajang MotoGP dimulai oleh tim Ducati sejak musim 2016. Namun sejumlah insiden yang melibatkan kontak dengan winglet saat balap membuat aturannya direvisi pada 2017. Bentuk winglet tak lagi boleh terbuka layaknya sayap pesawat. Hasilnya, sosok motor balap tampak lebih 'bersih' dan kembali minimalis di awal-awal seri. Tapi kemudian berubah, bahkan lebih radikal. Karena penggunaan winglet disiasati

Tanpa Konektivitas, Yamaha Aerox 155 Lite Version lebih Murah Ratusan Ribu

Kehadiran Yamaha Aerox warna Cyber City tanpa konektivitas gawai. Ada lima produk non-Connected yang bisa dipilih Perbedaan harga tidak signifikan dan garansi sasis 5 tahun. Yamaha Aerox 155 lite version, menjadi jawaban bagi masyarakat yang tidak membutuhkan fitur konektivitas. Varian ini juga tersedia pada Aerox Cyber City. Tipe ini sendiri hadir sebagai line up tambahan pada generasi terbaru Aerox. Resmi dipasarkan pada 2022, diferensiasinya terletak pada pewarnaan bodi berkonsep bunglon. Dil

Kawasaki KX85 dan KX112 2024, Motorcross Rp 60 Jutaan yang Cocok Untuk Remaja

Keduanya dijual dengan status off the road. Motocross tersebut diproduksi secara CKD di Indonesia. Pada Kamis (5/10/2023) PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) merilis dua motocross mini dari seri KX. Ada dua model yang hadir yakni Kawasaki KX85 dan KX112 Model Year 2024. Keduanya menjadi pelengkap line up motocross atau special engine dari Kawasaki KX untuk segmen remaja. Yang membanggakan, produksinya dilakukan langsung secara CKD di pabrik Kawasaki Indonesia. “Melihat dari meningkatnya minat dan

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Yamaha Jupiter Z1
Lihat