Sepeda motor bergaya sport Kawasaki Ninja 250 SL per Januari 2024 menghilang di situs resmi Kawasaki Indonesia.
Berdasarkan penelusuran Autofun, sosok Kawasaki Ninja 250 SL tidak lagi dipajang seperti keluarga Ninja lainnya di situs resmi.
Ehm, apakah ini tanda Ninja 250 SL tak lagi dijual di Indonesia?
Baca juga: Cek Harga Kawasaki Ninja 250SL 2022, Ekonomis Walau Kurang Eksis
"Masih ada beberapa (di dealer), tapi tidak merata," ungkap Line Head Marketing PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI), Sucipto Wijono kepada Autofun.
Sucipto pun tak menampik, jika status Kawasaki Ninja 250SL saat ini jadi motor langka, yang bisa jadi sepeda motor buruan para kolektor.
Baca juga: Intip Pasaran si Lincah Kawasaki Ninja 250 SL Bekas, Mulai Rp18 Jutaan nih!
Seperti diketahui, sebelumnya motor ini punya nama Kawasaki Ninja RR Mono.
Hanya saja selang dua tahun, Kawasaki Indonesia mempensiunkan nama Ninja RR Mono dengan menggantinya menjadi Ninja 250 SL.
Bahkan di ajang Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2016, KMI sudah tak lagi memajang Ninja RR Mono.
Mereka justru menghadirkan Ninja 250 SL sebagai model baru yang juga jadi penamaan skala global.
Adapun kehadiran Ninja RR Mono maupun Ninja 250 SL dianggap bukan sebagai Ninja entry level, melainkan jadi penerus Kawasaki Ninja RR 150 2-tak yang pernah berjaya di masanya.
Nah, untuk kode 'SL' di Ninja 250 SL ternyata bukan sekadar pajangan, melainkan singkatan dari Super Light Weight, yang tentunya sangat berkaitan dengan sosok motor tersebut.
Ya, dengan motor bermesin satu silinder, maka untuk ukuran motor sport, 250 SL jadi tergolong lebih ringan, jika dibandingkan Ninja 250 dua silinder.
Lantaran bobot Ninja 250 SL cukup enteng, karena hanya sekitar 151 kg.
Baca juga: CFMoto 250SR Dilepas Rp 63 Juta, Pesaing Kawasaki Ninja 250SL Yang Andalkan Komponen Eropa
Saat pertama kali Ninja RR Mono atau Ninja 250 SL hadir dengan mesin berkapasitas 250 cc, satu silinder.
Maka yang jadi pertanyaan bagaimana dengan tenaga yang dihasilkan, dibandingkan Ninja RR 150 2-tak yang dikenal jago ngebut?
Sejatinya, untuk urusan daya yang dihasilkan sama-sama 28 PS dan torsi 22,6 Nm.
Hanya saja, Ninja RR 150 2-Tak, kubikasinya memang lebih kecil yaitu hanya 150 cc.
Namun begitu, dengan torsi yang ada, maka meski masih menggunakan mesin satu silinder, namun motor ini cukup menghentak di putaran bawah.
Motor ini juga cukup lincah dan mudah dikendalikan untuk di kawasan perkotaan, karena secara dimensi, motor ini memiliki panjang 1.935 mm, lebar 685 mm x dan tinggi 1.075 mm.
Selain itu, dengan ukuran jok 780 mm dan ground clearance 165 mm, maka sangat cocok digunakan untuk rata-rata postur tubuh orang Indonesia.
Yang tak kalah penting, penggunaan mesin 259 cc, satu silinder, bermesin Fuel Injeksi, Euro3, maka membuat Ninja 250 SL jadi lebih ramah lingkungan dibandingkan Ninja RR 150.
Kawasaki Ninja 250 SL ini memiliki tampang yang cukup menarik, karena full fairing seperti motor sport pada umumnya.
Belum lagi motor ini masih dari keluarga Ninja, dimana Kawasaki Ninja memang sangat erat dengan motor sport dari geng ijo.
Dengan tampilan sepeda motor sport full fairing, Ninja 250 SL juga cocok untuk anak muda yang punya budget terbatas.
Bagaimana tidak untuk motor sport bermesin 250 cc dan full fairing, harganya dibanderol Rp 36 jutaan.
Pasalnya, harga motor sport 250 cc saat ini kebanyakan dijual di atas Rp 50 juta.
Meski motor ini bergaya sport, namun Ninja 250 SL ini masih terkesan cungkring dan tidak terlihat seperti motor sport yang terkesan sporty dan kekar.
Tak heran jika bobot Ninja 250 SL hanya seberat 151 kg saja.
Meski mesin 250 cc satu silinder sudah meluncur sejak tahun 2014, namuN keberadaannya hingga tahun 2023 tidak banyak berubah.
Motor ini memang berkapasitas 250 cc, hanya saja masih menggunakan mesin satu silinder, maka tenaga performa mesinnya jadi terasa tanggung.
Bahkan tenaga yang dihasilkan tak jauh berbeda dengan Ninja RR 150 2-tak. Alhasil, performa mesinnya jadi terkesan jadul.
Tidak sedikit orang memilih motor bermesin 250 cc, karena terasa mirip motor gede atau moge.
Bahkan, suara knalpot motor bermesin 250 cc, terasa lebih enak dibandingkan mesin 150 cc.
Hanya saja, karena Ninja 250 SL masih menggunakan mesin satu silinder, maka suara yang dikeluarkan mirip motor-motor bermesin kecil.
Spesifikasi Kawasaki Ninja 250 SL | ||
---|---|---|
Tipe Mesin | DOHC, 4 katup, pendingin cairan, 4-tak satu silinder | |
Kapasitas Mesin | 249 cc | |
Diameter x Langkah | 72.0 x 61.2 mm | |
Rasio Kompresi | 11.3:1 | |
Tenaga Maksimal | 28 PS @9.700 rpm | |
Torsi Maksimal | 22,6 Nm @8.200 rpm | |
Sistem Pengabutan bahan bakar | Fuel Injection | |
Transmisi | 6 percepatan | |
Dimensi | 1.935 mm x 685 mm x 1.075 mm | |
Jarak Poros Roda | 1.330 mm | |
Ketinggia Jok | 780 mm | |
Jarak Terendah ke Tanah | 165 mm | |
Suspensi Depan | Teleskopik 37 mm | |
Suspensi Belakang | Single, Uni-Trak | |
Roda Depan | 100/80-17 M/C 52S | |
Roda Belakang | 130/70-17 M/C 62H | |
Rem Depan | 290 mm disc | |
Rem Belakang | 220 mm disc | |
Berat | 151 kg | |
Kapasitas Bahan Bakar | 11 liter |