PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing sudah memiliki Yamaha NMax dalam 3 generasi.
Generasi terakhir merupakan NMax “Turbo” dengan desain bodi belakang yang mengingatkan pada NMax generasi pertama.
Meski sudah hadir generasi ketiga, namun pesona dari Yamaha NMax generasi pertama yang diperkenalkan pada tahun 2015 masih menarik.
Salah satunya tentu saja karena harga bekasnya yang kini sangat menggoda karena bermain di angka Rp 15 jutaan untuk rakitan tahun 2015.
Tentu dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan Honda BeAT terbaru, NMax generasi pertama lebih unggul karena memiliki beberapa kelebihan.
Yang paling menjual atau menarik tentu saja dengan harga Rp 15 jutaan pemiliknya bisa merasakan sensasi berkendara khas Maxi Yamaha.
Baca juga: Adu Spesifikasi Honda BeAT Street VS Yamaha X-Ride, Mending Mana?
Ditandai dengan posisi kaki pengendara yang bisa diluruskan dan dikombinasi dengan setang tinggi, dengan begitu posisi lengan terasa santai begitu pun dengan kaki.
NMax juga memiliki desain jok yang lebar sehingga bisa mengakomodir bokong pengendara maupun pembonceng dengan baik selama perjalanan.
Sehingga bisa dikatakan kalau NMax old ini bisa menjadi langkah awal bagi mereka yang punya dana kurang dari Rp 20 juta tapi ingin mendapatkan sensasi berkendara nyaman.
Karena dimensinya yang cukup panjang, maka membuat NMax old ini tentu saja cukup fungsional karena memiliki ruang penyimpanan lebih banyak.
Baca juga: Jajal Yamaha R15, Bikers Cirebon Dapat Ilmu Dari Pembalap Profesional
Misal di bagian depan terdapat laci di sisi kiri yang cukup dalam sehingga bisa digunakan untuk menyimpan botol air minum berkapasitas sedang juga barang lainnya.
Namun sayangnya memang kantung di sisi kanan justru sangat dangkal, hanya bisa menaruh koin itu pun rawan terpental kalau melewati jalur tidak rata.
Ruang penyimpanan lebih luas tentu berada di bawah joknya, ruang bagasi dengan kapasitas 23 liter ini mampu menyimpan sebuah helm fullface dengan posisi terbalik.
Perjalanan semakin menyenangkan karena di tengah terdapat tangki bensin dengan kapasitas 6,6 liter.
Dengan begitu tidak perlu sering mengisi bensin, sangat berguna terutama ketika sedang melakukan perjalanan jauh.
Yang tidak ketinggalan dari NMax ini sehingga cukup menggoda untuk dipinang tentu saja mesinnya.
Karena sudah dibekali dengan mesin 155 cc, SOHC 4 katup dengan VVA, fuel injection, pendingin cairan, Blue Core.
Baca juga: aRacer Siapkan ECU Yamaha NMax "Turbo", Bisa Atur Karakter YECVT!
Ini jadi mesin VVA pertama (Variable Valve Actuation) yang dijual Yamaha, fitur ini membuat tenaga mesin lebih linear.
Bisa diajak berkendara dengan efisien sebelum VVA aktif, bisa juga diajak responsif dengan menjaga rpm di putaran tinggi agar VVA tetap aktif.
Meski sudah berusia hampir 10 tahun, nyatanya peminat motor ini memang masih tinggi, meski sudah masuk generasi ketiga.
Banyak yang lebih menyukai desain generasi pertama ini ketimbang generasi kedua, yang punya bentuk cenderung membulat.
Dengan desain yang lebih mengotak, aura sporty dari motor ini juga tetap terlihat. Terbukti masih banyak dipakai anak-anak muda dan pria dewasa untuk beraktifitas.
Tapi tentu ada beberapa hal yang patut diperhatikan untuk membeli unit bekasnya, misal surat-surat, kondisi mesin dan rangka juga bodi-bodinya.
Ramainya pengguna motor ini juga berdampak pada ketersediaan suku cadang serta komponen penambah stamina mesin.
Spesifikasi Yamaha NMax 2015 | ||
---|---|---|
Tipe mesin | Liquid cooled 4-stroke, SOHC 4 katup VVA | |
Kapasitas mesin | 155 cc | |
Bore x stroke | 58 mm x 58,7 mm | |
Perbandingan kompresi | 10,5:1 | |
Tenaga maksimal | 15 ps @8.000 rpm | |
Torsi maksimal | 14,4 Nm @6.000 rpm | |
Sistem starter | elektrik | |
Tipe transmisi | V-belt automatic | |
P x L x T | 1.955 mm x 740 mm x 1.115 mm | |
Jarak sumbu roda | 1.350 mm | |
Jarak terendah ke tanah | 135 mm | |
Tinggi tempat duduk | 765 mm | |
Berat isi | 127 kg | |
Kapasitas tangki bensin | 6,6 liter | |
Tipe rangka | Underbone | |
Suspensi depan | Teleskopik | |
Suspensi belakang | Unit swing ganda | |
Ban depan | 110/70-13 M/C 48P | |
Ban belakang | 130/70-13 M/C 63P | |
Rem depan | Single disc brake | |
Rem belakang | Single disc brake |