Ramai soal rangka eSAF Honda yang bermasalah dan viral diberbagai platform sosial media, membuat kami tertarik untuk mencari tahu secara langsung.
Caranya dengan membongkar unit motor matic Honda dengan rangka eSAF, yakni Honda BeAT rakitan 2020 yang dimiliki awak redaksi, dengan usia tiga tahun.
Dan sebagai perbandingannya adalah Honda BeAT keluaran tahun 2015, yang juga unit milik awak redaksi.
Kedua motor ini sendiri merupakan pakaian harian, artinya motor yang benar dipakai sehari-hari, bukan motor koleksi atau penghuni garasi.
Setelah dilepas bodi-bodi termasuk tempat aki yang berada di bagian bawah, maka rangka eSAF pada motor ini relatif mulus.
Baca juga : Honda Buka Layanan Konsumen Untuk Mengecek Rangka eSAF
Hanya ada beberapa titik calon karat, tepatnya di bagian yang menempel dengan plastik tempat aki, di sisi kanan motor.
Hal ini dikonfirmasi setelah kotoran kami bersihkan, bercak cokelat itu tak hilang, dan bisa dipastikan ini bukan silikat.
Namun area kolong rangka yang dikeluhkan bantyak timbul karat relatif mulus pada unit yang kami bongkar, kecuali ada lapisan cat yang keriting.
Kemudian pada lubang pembuangan air atau drain hole rangka eSAF, terdapat bekas air berwarna cokelat. Apakah berkarat dari dalam?
Untuk membuktikan itu kami menggunakan kamera endoskopi untuk melihat bagian dalam rangka motor matic entry level itu.
Dan ditemukan karat pada bagian atas agak ke tengah, di sekitar area dudukan ECM motor.
Baca juga : Yamaha Ketiban Untung dari Kasus Rangka eSAF Honda?
Kemudian kami pun melihat ke dalam rangka pada bagian batang tengah di depan, yang jadi penyangga setang dan juga roda depan.
Hasilnya terdapat karat yang sudah cokelat tua, terutama pada bagian dekat komstir bawah. Dugaan kami karena bagian ini terkena air dan kotoran dari roda depan.
Pasalnya sepakbor motor matic entry level rata-rata punya buntut yang pendek, sehingga air dan kotoran mudah menempel dan mengendap di area tersebut.
Lalu bagamana dengan unit Honda BeAT tahun 2015? Well, kondisinya relatif mulus, kecuali ada cat yang terkelupas karena gesekan dengan komponen.
Bagian dalamnya pun sudah berkarat, juga tepat pada area dekat dudukan ECM motor. Hmmm... Kok bisa samaan ya?
Lalu seberap parah karat pada Honda BeAT yang lebih tua ini? Selengkapnya tonton saja video di bawah ini bro, jangan lupa subscribe!