Mereka yang membeli motor matic dengan kapasitas mesin 150-160 cc umumnya mengincar performa mesin yang lebih kuat, tapi soal irit bahan bakar tetap jadi pertimbangan.
Maksudnya konsumsi bensin terbilang wajar, tidak terlalu boros tapi dirasa pas dengan kemampuan mesin juga performa yang ditawarkan si motor.
Jika sebelumnya kami menampilkan motor matic 125 cc teririt yang pernah kami coba, maka kini giliran adu irit motor matic 150-160 cc.
Ingat, ini adalah motor yang sudah pernah kami tes lengkap dan juga kami buatkan videonya. Metode pengetesan full to full dengan oktan 92 ya. Nah, kira-kira ada yang iritnya tembus 50 km/liter ga?
Baca juga : Membandingkan Konsumsi Bensin Matic 125 Cc, Tebak Siapa Paling Irit?
Gacoan Honda ini menggunakan teknologi mesin baru eSP+ dipadu kapasitas mesin yang membesar jadi 157 cc, dari sebelumnya 149 cc.
Spesifikasinya pun berubah drastis dengan menggunakan format empat katup mesin, dengan beragam teknologi baru seperti piston oil jet.
Mesinnya over bore, dengan diameter piston 60 mm dan langkah piston 55,5 mm, untuk memberi ruang untuk empat buah katup, sehingga ukuran mesin bisa tetap ringkas.
Tenaga yang mampu dihasilkan 16 PS di 8.500 rpm dan torsi 14,7 Nm di 6.500 rpm. Soal urusan konsumsi bensin, ternyata bvisa 42 km/liter nih. Lumayan irit!
Satu lagi skuter Eropa dengan desain retro modern yanh patut jadi opsi kuda besi harian juga hobi, adalah Peugeot Django 150.
Berbekal dapur pacu 4-tak, SOHC 2 katup, 1 silinder, pendingin udara, serta kubikasi mesin 150cc, motor ini punya performa yang terhitung sigap.
Baca juga : Cek Harga Honda Vario 160 2023 di Jawa Barat, Tembus Rp 30 Juta
Output maksimal 11,5 PS di 8.000 rpm dan juga torsi 11,2 Nm di 6.000 rpm ringan membawa motor melaju, dengan catatan konsumsi bensin 39,5 km/liter.
Dibekali dengan jantung mekanis yang sama dengan Aerox, yakni 4-tak, SOHC 4 katup VVA, pendingin cairan dan sudah injeksi.
Kapasitas mesinnya 155 cc dengan penggunaan piston 58 mm dan langkah piston 58,7 mm. Rasio kompresinya 11,6:1.
Klaim tenaganya mencapai 15,3 PS di 8.000 rpm dan torsi 13,9 Nm di 6.500 rpm. Dan hasil konsumsi bahan bakarnya bisa mencapai 42 km/liter.
Lagi-lagi punya spesifikasi mesin yang mirip Honda PCX 160, 4-tak, SOHC 4 katup, pendingin cairan dengan teknologi eSP+.
Bedanya output mesin disunat sedikit, dengan torehan tenaga maksimal 15,4 PS di 8.500 rpm dan torsi 13,8 Nm di 7.000 rpm.
Tapi karena bobot motor yang lebih ringan, akselerasinya pun jadi lebih gesit. Hal itu pula yang membuat konsumsi bensin Honda Vario 160 ini irit, mencapai 47,4 km/liter!
Apakah Honda Vario 160 jadi pemenang di adu irit matic 150-160? Coba dibaca lagi sampai selesai ya!
Berbekal mesin 155 cc, SOHC 4 katup pendingin cairan dengan sokongan katup VVA (Variable Valve Actuation) yang sangat memuaskan.
Jantung mekanis ini terasa ringan menggerakkan skutik berbobot 125 kg, dengan tenaga diangka 15,36 PS pada 8.000 rpm serta torsi maksimal 13,9 Nm di 6.500 rpm.
Baca juga : Dijual Rp 60 Juta, Seperti Apa Sih Mesin Vespa Primavera Color Vibe?
Selain akselerasi yang sigap, catatan konsumsi bahan bakarnya pun masih terhitung oke, dengan 42,5 km/liter.
Skuter Italia ini memang asyik dan gak malu-maluin dipakai buat riding juga nongkrong, tampilannya elegan juga berkesan premium.
Mesin yang diusung bertipe i-Get dengan volume 154,8 cc, SOHC berpendingin udara, 3-katup, bertransmisi otomatis CVT.
Dengan keluaran tenaga 11,8 PS di 7.500 rpm serta torsi maksimal 12 Nm di 5.000 rpm, konsumsi bensin motor ini bisa mencapai 41,1 km/liter.
Sektor mesin dibekali tipe eSP+, 4 katup, 160 cc berpendingin cair, dengan tenaga 16 PS di 8.500 rpm dengan torsi hingga 14,7 Nm di 6.500 rpm.
Mesin ini dipasangkan untuk bisa menunjang bobot motor yang memang lumayan berat, bahkan lebih berat dari Honda PCX 160.
Honda ADV 160 terbaru kini dijual dengan rentang Rp 36,2 jutaan (CBS) sampai Rp 39,4 juta (ABS) on the road Jakarta.
Meski punya spesifikasi yang mirip dengan Honda PCX 160, tapi konsumsi bahan bakarnya sedikit lebih boros, yakni 39,1 km/liter. Efek motor lebih berat nih!
Skuter elegan bergaya Eropa, Piaggio Medley S 150 ini memang cocok buat yang mau tampil beda, posturnya besar cocok untuk pria mapan yang suka motoran.
Jantung pacunya bertipe 4-tak, SOHC 4 katup, pendingin cairan dengan kapasitas 155,1 cc berkat penggunaan piston 58 m dan langkah piston 58,7 mm.
Mesin tadi mampu menghasilkan tenaga 14,9 PS di 7.750 rpm dan juga torsi 14,4 Nm di 6.400 rpm, serta mencatatkan konsumsi bahan bakar 35 km/liter.
Meski memiliki kapasitas mesin yang cukup besar, namun soal efisiensi pada motor matic bermesin 150-160 cc tetap patut diacungi jempol.
Ini karena beberapa diantaranya memiliki angka konsumsi bahan bakar yang mendekati bahkan lebih dari motor matic kelas 125 cc yang sudah pernah kami coba sebelumnya.
Namun begitu, tak ada yang bisa menembuh konsumsi bensin dengan capaian 50 km/liter ya! Dan berikut rekapan konsumsi dari adu irit matic 150-160 cc selengkapnya!
Konsumsi Bensin Matic 150-160 | ||
---|---|---|
Honda PCX 160 | 42 km/liter | |
Peugeot Django | 39,5 km/liter | |
Yamaha NMax 155 | 42 km/liter | |
Honda Vario 160 | 47,4 km/liter | |
Yamaha Aerox 155 | 42,5 km/liter | |
Vespa Primavera | 41,1 km/liter | |
Honda ADV 160 | 39,1 km/liter | |
Piaggio Medley S 150 | 35 km/liter | |
*Diukur pakai metode full to full, BBM oktan 92 |