Adu Irit Matic 150-160 Cc, Ada yang Tembus 50 Km/liter?

Beberapa matic 150-160 cc yang pernah kami coba.
  • Tak ada yang tembus 50 km/liter.
  • Honda Vario 160 paling irit.
  • Rata-rata diangka 40-an km/liter.

Mereka yang membeli motor matic dengan kapasitas mesin 150-160 cc umumnya mengincar performa mesin yang lebih kuat, tapi soal irit bahan bakar tetap jadi pertimbangan.

Maksudnya konsumsi bensin terbilang wajar, tidak terlalu boros tapi dirasa pas dengan kemampuan mesin juga performa yang ditawarkan si motor.

Jika sebelumnya kami menampilkan motor matic 125 cc teririt yang pernah kami coba, maka kini giliran adu irit motor matic 150-160 cc.

Ingat, ini adalah motor yang sudah pernah kami tes lengkap dan juga kami buatkan videonya. Metode pengetesan full to full dengan oktan 92 ya. Nah, kira-kira ada yang iritnya tembus 50 km/liter ga?

Baca juga : Membandingkan Konsumsi Bensin Matic 125 Cc, Tebak Siapa Paling Irit?

Honda PCX 160

Gacoan Honda ini menggunakan teknologi mesin baru eSP+ dipadu kapasitas mesin yang membesar jadi 157 cc, dari sebelumnya 149 cc.

Spesifikasinya pun berubah drastis dengan menggunakan format empat katup mesin, dengan beragam teknologi baru seperti piston oil jet.

Honda PCX 160.

Mesinnya over bore, dengan diameter piston 60 mm dan langkah piston 55,5 mm, untuk memberi ruang untuk empat buah katup, sehingga ukuran mesin bisa tetap ringkas.

Tenaga yang mampu dihasilkan 16 PS di 8.500 rpm dan torsi 14,7 Nm di 6.500 rpm. Soal urusan konsumsi bensin, ternyata bvisa 42 km/liter nih. Lumayan irit!

Peugeot Django 150

Satu lagi skuter Eropa dengan desain retro modern yanh patut jadi opsi kuda besi harian juga hobi, adalah Peugeot Django 150.

Berbekal dapur pacu 4-tak, SOHC 2 katup, 1 silinder, pendingin udara, serta kubikasi mesin 150cc, motor ini punya performa yang terhitung sigap.

Baca juga : Cek Harga Honda Vario 160 2023 di Jawa Barat, Tembus Rp 30 Juta

Peugeot Django 150.

Output maksimal 11,5 PS di 8.000 rpm dan juga torsi 11,2 Nm di 6.000 rpm ringan membawa motor melaju, dengan catatan konsumsi bensin 39,5 km/liter.

Yamaha NMax 155 Connected

Dibekali dengan jantung mekanis yang sama dengan Aerox, yakni 4-tak, SOHC 4 katup VVA, pendingin cairan dan sudah injeksi. 

Kapasitas mesinnya 155 cc dengan penggunaan piston 58 mm dan langkah piston 58,7 mm. Rasio kompresinya 11,6:1.

Yamaha NMax 155.

Klaim tenaganya mencapai 15,3 PS di 8.000 rpm dan torsi 13,9 Nm di 6.500 rpm. Dan hasil konsumsi bahan bakarnya bisa mencapai 42 km/liter. 

Honda Vario 160

Lagi-lagi punya spesifikasi mesin yang mirip Honda PCX 160, 4-tak, SOHC 4 katup, pendingin cairan dengan teknologi eSP+.

Bedanya output mesin disunat sedikit, dengan torehan tenaga maksimal 15,4 PS di 8.500 rpm dan torsi 13,8 Nm di 7.000 rpm.

Bobot enteng mesin bertenaga, jadinya irit!

Tapi karena bobot motor yang lebih ringan, akselerasinya pun jadi lebih gesit. Hal itu pula yang membuat konsumsi bensin Honda Vario 160 ini irit, mencapai 47,4 km/liter!

Apakah Honda Vario 160 jadi pemenang di adu irit matic 150-160? Coba dibaca lagi sampai selesai ya!

Yamaha Aerox 155 Connected

Berbekal mesin 155 cc, SOHC 4 katup pendingin cairan dengan sokongan katup VVA (Variable Valve Actuation) yang sangat memuaskan. 

Jantung mekanis ini terasa ringan menggerakkan skutik berbobot 125 kg, dengan tenaga diangka 15,36 PS pada 8.000 rpm serta torsi maksimal 13,9 Nm di 6.500 rpm.

Baca juga : Dijual Rp 60 Juta, Seperti Apa Sih Mesin Vespa Primavera Color Vibe?

Yamaha Aerox 155.

Selain akselerasi yang sigap, catatan konsumsi bahan bakarnya pun masih terhitung oke, dengan 42,5 km/liter.

Vespa Primavera S 150

Skuter Italia ini memang asyik dan gak malu-maluin dipakai buat riding juga nongkrong, tampilannya elegan juga berkesan premium.

Mesin yang diusung bertipe i-Get dengan volume 154,8 cc, SOHC berpendingin udara, 3-katup, bertransmisi otomatis CVT.

Vespa Primavera 150.

Dengan keluaran tenaga 11,8 PS di 7.500 rpm serta torsi maksimal 12 Nm di 5.000 rpm, konsumsi bensin motor ini bisa mencapai 41,1 km/liter.

Honda ADV 160

Sektor mesin dibekali tipe eSP+, 4 katup, 160 cc berpendingin cair, dengan tenaga 16 PS di 8.500 rpm dengan torsi hingga 14,7 Nm di 6.500 rpm. 

Mesin ini dipasangkan untuk bisa menunjang bobot motor yang memang lumayan berat, bahkan lebih berat dari Honda PCX 160. 

Honda ADV 160, masih irit.

Honda ADV 160 terbaru kini dijual dengan rentang Rp 36,2 jutaan (CBS) sampai Rp 39,4 juta (ABS) on the road Jakarta.

Meski punya spesifikasi yang mirip dengan Honda PCX 160, tapi konsumsi bahan bakarnya sedikit lebih boros, yakni 39,1 km/liter. Efek motor lebih berat nih!

Piaggio Medley S 150

Skuter elegan bergaya Eropa, Piaggio Medley S 150 ini memang cocok buat yang mau tampil beda, posturnya besar cocok untuk pria mapan yang suka motoran.

Jantung pacunya bertipe 4-tak, SOHC 4 katup, pendingin cairan dengan kapasitas 155,1 cc berkat penggunaan piston 58 m dan langkah piston 58,7 mm.

Piaggio Medley S 150.

Mesin tadi mampu menghasilkan tenaga 14,9 PS di 7.750 rpm dan juga torsi 14,4 Nm di 6.400 rpm, serta mencatatkan konsumsi bahan bakar 35 km/liter. 

Kesimpulan

Meski memiliki kapasitas mesin yang cukup besar, namun soal efisiensi pada motor matic bermesin 150-160 cc tetap patut diacungi jempol.

Ini karena beberapa diantaranya memiliki angka konsumsi bahan bakar yang mendekati bahkan lebih dari motor matic kelas 125 cc yang sudah pernah kami coba sebelumnya.

Namun begitu, tak ada yang bisa menembuh konsumsi bensin dengan capaian 50 km/liter ya! Dan berikut rekapan konsumsi dari adu irit matic 150-160 cc selengkapnya!

Konsumsi Bensin Matic 150-160
Honda PCX 160 42 km/liter
Peugeot Django 39,5 km/liter
Yamaha NMax 155 42 km/liter
Honda Vario 160 47,4 km/liter
Yamaha Aerox 155 42,5 km/liter
Vespa Primavera 41,1 km/liter
Honda ADV 160 39,1 km/liter
Piaggio Medley S 150 35 km/liter
*Diukur pakai metode full to full, BBM oktan 92
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Video Pendek Terkait

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

5 Keunggulan Yamaha Jupiter Z1 Bekas, Mulai Rp 5 Jutaan Pas Buat Harian

Desain bodi bertahan selama 11 tahun. Mesinnya dikenal irit dan bertenaga. Pekan ini PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) merilis versi terbaru dari Yamaha Jupiter Z1. Hal ini disebutkan sebagai simbol jika segmen motor bebek masih hidup di Indonesia. Di mana segmen motor bebek tetap digemari karena praktis, irit dan kebandelannya. Serta pengguna harian atau komuter yang bukan pengincar motor dengan fitur melimpah. Meski demikian, saat ini Yamaha Jupiter Z1 terbaru dilepas dengan bande

Kustomfest 2023, Lebarannya Penggemar Kustom Kembali Digelar di Yogyakarta

Digelar di Jogja Expo Center, pada 7-8 Oktober 2023 Jadi ajang tempat berkumpulnya para pecinta motor dan mobil kustom Peserta yang hadir berkesempatan mendapatkan hadiah undian mobil Ajang Kustomfest 2023 yang merupakan tempat berkumpulnya para pecinta kendaraan kustom kembali digelar, Sabtu-Minggu, pada 7-8 Oktober 2023. Berlokasi di Jogja Expo Center, lebarannya para penggemar kendaraan bermotor dengan tampilan nyentrik kali ini mengusung tema 'Retro Future'. Nah, menurut Director Kustomfest

Mengenal Teknologi Pelumas yang Diklaim Penting Buat Kinerja Mesin

Peran penting pelumas pada mesin. Berbagai teknologi disematkan terhadap oli mesin motor. Kinerja mesin sepeda motor sangat bergantung kepada pelumas. Maka dari itu, oli mesin harus diganti secara periodik. Sebagaimana anjuran pemegang merek, penggantian oli ditentukan berdasarkan kilometer. Pun halnya dengan PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (EMLI) selaku produsen Federal Oil. Nurudin, Technical Trainer PT ExxonMobil Lubricants Indonesia mengatakan pihaknya merekomendasikan ganti oli mesin set

Bisa Jadi Inspirasi, Motor Listrik Honda EM1 e: Berbalut Livery Repsol Honda

Dipakai sebagai paddock bike MotoGP Jepang. Cocok buat inspirasi modifikasi di Indonesia. Arena MotoGP tengah ramai dengan kabar mengenai pisahnya Marc Marquez dengan tim Repsol Honda di akhir musim 2023. Tapi ada hal lain yang menarik dari Repsol Honda di MotoGP Jepang yang berlangsung di sirkuit Motegi akhir pekan lalu. Pasalnya ada dua unit motor listrik Honda EM1 e: yang jadi paddock bike tim tersebut, rasanya cocok jadi inspirasi modifikasi untuk calon pembelinya kelak. Berlabur Livery Reps

Gak Cuma Pameran Motor, Ini Kegiatan Menarik Lain di IMOS+ 2023

Banyak kegiatan khas bikers di IMOS+ 2023. Luas pameran jadi dua kali lipat. Akan ada hal berbeda dari event Indonesia Motorcycle Show (IMOS) di tahun ini. Selain namanya yang menjadi IMOS+ 2023, lokasi gelaran pun beralih dari JCC di Senayan ke ICE di BSD, Tangerang. Efeknya akan memiliki area pameran dua kali lebih luas dibandingkan penyelenggaraan IMOS sebelumnya. Dengan demikian dapat menghadirkan lebih banyak inovasi dari industri sepeda motor Indonesia. Siap Hadirkan Lebih Banyak Kegiatan

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda PCX160
Lihat