Pilihan Motor Matic 2024 Bergaya Trail, Termurah Rp18 Jutaan

Motor matic bergaya ala motor trail
  • Yamaha X-Ride memiliki desain ala motor trail yang kental
  • Suzuki Nex Crossover satu-satunya pengguna ban dual purpose
  • Honda Beat Street paling murah

Honda, Yamaha dan Suzuki nyatanya masih mempertahankan motor matic bergaya trail mereka di tahun 2024 ini. Lantas, produk mana yang paling layak dibeli?

Seperti yang sobat Autofun.co.id ketahui, masing-masing jenama punya produk senada di etalase mereka. Terdiri dari dari Honda Beat Street, Yamaha X-Ride 125 serta Suzuki Nex Crossover

Mengenai gaya, ketiganya pun menawarkan suguhan selayaknya motor trail melalui penggunaan setang telanjang. Yang mana sengaja mengekspos bagian kemudi dan membiarkan panel meternya tanpa cover alias penutup. 

Desain ala Trail Murni

Namun, Yamaha X-Ride 125 bisa dibilang paling kental nuansa trail-nya. Selain setang telanjang tadi, motor buatan Yamaha Indonesia ini memiliki lampu sein terpisah. 

Warna terbaru Yamaha X-Ride 125 

Baca juga: Pakai Busi Racing Buat Motor Harian, Tambah Tenaga atau Mubazir?

Posisinya tepat di bawah setang dan menggunakan jenis lampu bohlam. Suguhan ini tentu saja berbeda dengan Beat Street ataupun Nex Crossover, di mana sinyal tersebut terintegrasi pada bodi depan.   

Masih seputar desain, X-Ride 125 pun memiliki desain sepatbor depan yang merujuk kepada penyajian pada motor trail. Lain hal dengan Beat Street dan Nex Crossover, tak ubahnya dengan Honda Beat serta Suzuki Nex II

Meski begitu, Suzuki Crossover menjanjikan pengendalian lebih baik saat dibawa 'main' ke rute light off road. 

Ban motor ini memiliki pola tapak lebih tebal, selayaknya ban dual purpose. Grip-nya juga lebih optimal ketimbang Beat Street atau X-Ride 125 yang bermodalkan ban full on road. 

Matic Trail dengan Performa Terbaik

Lanjut mengenai mesin, Honda Beat Street rupanya menjadi pemilik performa paling kecil. Mesin 109,5 cc miliknya menghasilkan tenaga maksimal 9 PS di 7.500 rpm.

Tapi bicara torsi di atas kertas, torsi Beat Street justru lebih baik daripada Nex Crossover yang notabene punya kubikasi mesin lebih besar yaitu 113 cc. 

Baca juga: Test Ride Suzuki Nex Crossover, Matic Gaya Adventure Paling Pol!

Torsi Honda Beat Street adalah 9,3 Nm pada 5.500 rpm. Sementara Suzuki Nex Crossover hanya 8,7 Nm di 6.000 rpm, sedangkan untuk tenaga puncak adalah 9,3 PS di 8.000 rpm. 

Namun, Yamaha X-Ride 125 jelas pemilik performa paling besar. Dengan mesin 125 cc, motor ini menghasilkan tenaga 9,5 PS di 8.000 rpm dan torsi 9,6 Nm pada 5.500 rpm. 

Daftar Harga (On the Road Jakarta)
Honda Beat Street Rp 18.700.000
Yamaha X-Ride 125 Rp 20.200.000
Suzuki Nex Crossover Rp 20.600.000

Sebagaimana terlihat pada tabel di atas, Honda Beat Street menjadi matic bergaya trail dengan harga paling terjangkau yaitu Rp18 jutaan saja. 

Uniknya, Suzuki Nex Crossover dengan mesin yang kecil justru lebih mahal ketimbang Yamaha X-Ride 125.

Jadi, siapa yang paling layak beli nih?

Spesifikasi Honda Beat Street 2024
Dimensi
P x L x T 1.877 x 742 x 1.030 mm
Sumbu Roda 1.251 mm
Tinggi Tempat Duduk 740 mm
Jarak Terendah 145 mm
Berat Isi 89 kg
Kapasitas Tangki 4,2 liter
Mesin
Tipe 4-tak, SOHC 2 katup, eSP
Kapasitas 109,5 cc
Rasio kompresi 10 : 1
Diameter x Langkah 47 x 63,1 mm
Suplai Bahan Bakar Injeksi PGM-FI
Transmisi Otomatic CVT, V-Matic
Tenaga Maksimal 9 PS @ 7.500 rpm
Torsi Maksimal 9,3 Nm @ 5.500 rpm
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe Rangka Backbone, eSAF
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Tunggal
Ban Depan 80/90-14
Ban Belakang 90/90-14
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Tromol
Sistem Rem Combi brake system

 

Spesifikasi Yamaha X-Ride 125 2024
Dimensi
P x L x T 1.860 x 740 x 1.070 mm
Sumbu Roda 1.260 mm
Tinggi Tempat Duduk 760 mm
Jarak Terendah 135 mm
Berat Isi 98 kg
Kapasitas Tangki 4,2 liter
Mesin
Tipe 4 Langkah, 2 Valve SOHC, Berpendingin Udara, BlueCore
Kapasitas 125 cc
Rasio kompresi 9,5 : 1
Diameter x Langkah 52,4 x 57,9 mm
Suplai Bahan Bakar Injeksi
Transmisi V-Belt Automatic
Tenaga Maksimal 9,5 PS @ 8.000 rpm
Torsi Maksimal 9,6 Nm @ 5.500 rpm
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe Rangka Underbone
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Tunggal
Ban Depan 80/80-14
Ban Belakang 100/70-14
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Tromol

 

Spesifikasi Suzuki Nex Crossover 2024
Dimensi
P x L x T 1.890 x 765 x 1.055 mm
Berat Isi 94 kg
Kapasitas Tangki 3,6 liter
Mesin
Tipe 4 Langkah, 1 silinder, SOHC 2 valve, pendingin udara, SEP
Kapasitas 113 cc
Diameter x Langkah 51 x 55,2 mm
Suplai Bahan Bakar Injeksi
Transmisi CVT
Tenaga Maksimal 9 PS @ 9.000 rpm
Torsi Maksimal 8,7 Nm @ 6.000 rpm
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe Rangka Underbone
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Tunggal
Ban Depan 80/90-14
Ban Belakang 90/90-14
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Tromol
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi inform...

Video Pendek Terkait

Perbandingan Motor Terkait

Fitur itu bernama Tip Over Sensor. Bisa cegah motor terbakar. Aktif jika kemiringan motor 45 derajat lebih. Suzuki V-Strom 250 SX jadi motor sport touring adventure termurah saat ini, dengan harga Rp 59,5 juta on the road Jakarta. Tentunya konsumen yang disasar adalah mereka yang hobi touring dan melintasi jalanan off road ringan pakai motor. Dalam aktivitas tersebut, pastinya ada kemungkinan motor terjatuh, misalnya karena jalan yang licin. Dan motor ini sudah dibekali fitur pengaman yang akan
Punya banyak fitur berbeda. Ada perbedaan juga di sektor mesin. Sejak pertama kali diperkenalkan di tahun 2015, memang Yamaha NMax cukup membuat banyak mata melirik dengan suguhan desain, fitur, hingga mesinnya. Model ini terus berkembang hingga mendapat minor change seperti update suspensi belakang menggunakan sub-tank dan desain spidometer kotak dengan latar negative display. Model kedua dari NMax pun lahir di tahun 2020, dari segi desain memang ada perbedaan di mana kini punya lekuk yang lebi
Motor bergaya touring adventure. Harga tak sampai Rp 30 juta. Dijual khusus untuk pasar India. Bicara soal motor sport touring adventure, nama Honda CB200X tentu terdengar asing untuk masyarakat Indonesia. Pasalnya motor ini memang tersedia untuk pasar India sana, dan Indonesia kebagian Honda CB150X untuk mengisi segmen tersebut. Honda CB200X bermain di segmen motor petualang entry level, dan menjadi rival Xpulse 200 hingga KTM 250 Adventure atau Kawasaki Versys 250 meskipun kubikasi mesinnya se
SMEV Build Off 2024 memberi warna baru di era elektrifikasi di Indonesia Menantang builder Tanah Air memodifikasi motor listrik SMEV EM-1 Grand final berlangsung di Kustomfest 2024 Perkembangan elektrifikasi khususnya di kategori roda dua, dibuat lebih berwarna dengan hadirnya SMEV Build Off 2024. Pasalnya, produsen motor ini menantang para builder Tanah Air untuk memodifikasi motor listrik mereka. Setelah meluncurkan dua produknya pada Juli tahun lalu, di awal tahun 2024 SMEV membuat gebrakan d
Jelajahi Jawa Tengah-Yogyakarta. Jawa Timur diadakan di Surabaya. Perjalanan singkat, dengan beragam medan jalan. Yamaha Lexi LX 155 2024 jadi produk terbaru dari PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Motor yang dikenalkan awal tahu 2024 itu mendapat ubahan signifikan, utamanya pada dapur pacu dan fitur. YIMM pun mengadakan rangkaian perjalanan test ride dengan menjelajahi berbagai wilayah, dengan mengajak awak media dan blogger. Sebelumnya kegiatan ini berlangsung di Jawa Barat, tepat

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda Beat Street
Lihat