Honda, Yamaha dan Suzuki nyatanya masih mempertahankan motor matic bergaya trail mereka di tahun 2024 ini. Lantas, produk mana yang paling layak dibeli?
Seperti yang sobat Autofun.co.id ketahui, masing-masing jenama punya produk senada di etalase mereka. Terdiri dari dari Honda Beat Street, Yamaha X-Ride 125 serta Suzuki Nex Crossover.
Mengenai gaya, ketiganya pun menawarkan suguhan selayaknya motor trail melalui penggunaan setang telanjang. Yang mana sengaja mengekspos bagian kemudi dan membiarkan panel meternya tanpa cover alias penutup.
Namun, Yamaha X-Ride 125 bisa dibilang paling kental nuansa trail-nya. Selain setang telanjang tadi, motor buatan Yamaha Indonesia ini memiliki lampu sein terpisah.
Baca juga: Pakai Busi Racing Buat Motor Harian, Tambah Tenaga atau Mubazir?
Posisinya tepat di bawah setang dan menggunakan jenis lampu bohlam. Suguhan ini tentu saja berbeda dengan Beat Street ataupun Nex Crossover, di mana sinyal tersebut terintegrasi pada bodi depan.
Masih seputar desain, X-Ride 125 pun memiliki desain sepatbor depan yang merujuk kepada penyajian pada motor trail. Lain hal dengan Beat Street dan Nex Crossover, tak ubahnya dengan Honda Beat serta Suzuki Nex II.
Meski begitu, Suzuki Crossover menjanjikan pengendalian lebih baik saat dibawa 'main' ke rute light off road.
Ban motor ini memiliki pola tapak lebih tebal, selayaknya ban dual purpose. Grip-nya juga lebih optimal ketimbang Beat Street atau X-Ride 125 yang bermodalkan ban full on road.
Lanjut mengenai mesin, Honda Beat Street rupanya menjadi pemilik performa paling kecil. Mesin 109,5 cc miliknya menghasilkan tenaga maksimal 9 PS di 7.500 rpm.
Tapi bicara torsi di atas kertas, torsi Beat Street justru lebih baik daripada Nex Crossover yang notabene punya kubikasi mesin lebih besar yaitu 113 cc.
Baca juga: Test Ride Suzuki Nex Crossover, Matic Gaya Adventure Paling Pol!
Torsi Honda Beat Street adalah 9,3 Nm pada 5.500 rpm. Sementara Suzuki Nex Crossover hanya 8,7 Nm di 6.000 rpm, sedangkan untuk tenaga puncak adalah 9,3 PS di 8.000 rpm.
Namun, Yamaha X-Ride 125 jelas pemilik performa paling besar. Dengan mesin 125 cc, motor ini menghasilkan tenaga 9,5 PS di 8.000 rpm dan torsi 9,6 Nm pada 5.500 rpm.
Daftar Harga (On the Road Jakarta) | ||
---|---|---|
Honda Beat Street | Rp 18.700.000 | |
Yamaha X-Ride 125 | Rp 20.200.000 | |
Suzuki Nex Crossover | Rp 20.600.000 |
Sebagaimana terlihat pada tabel di atas, Honda Beat Street menjadi matic bergaya trail dengan harga paling terjangkau yaitu Rp18 jutaan saja.
Uniknya, Suzuki Nex Crossover dengan mesin yang kecil justru lebih mahal ketimbang Yamaha X-Ride 125.
Jadi, siapa yang paling layak beli nih?
Spesifikasi Honda Beat Street 2024 | ||
---|---|---|
Dimensi | ||
P x L x T | 1.877 x 742 x 1.030 mm | |
Sumbu Roda | 1.251 mm | |
Tinggi Tempat Duduk | 740 mm | |
Jarak Terendah | 145 mm | |
Berat Isi | 89 kg | |
Kapasitas Tangki | 4,2 liter | |
Mesin | ||
Tipe | 4-tak, SOHC 2 katup, eSP | |
Kapasitas | 109,5 cc | |
Rasio kompresi | 10 : 1 | |
Diameter x Langkah | 47 x 63,1 mm | |
Suplai Bahan Bakar | Injeksi PGM-FI | |
Transmisi | Otomatic CVT, V-Matic | |
Tenaga Maksimal | 9 PS @ 7.500 rpm | |
Torsi Maksimal | 9,3 Nm @ 5.500 rpm | |
Rangka & Kaki-Kaki | ||
Tipe Rangka | Backbone, eSAF | |
Suspensi Depan | Teleskopik | |
Suspensi Belakang | Tunggal | |
Ban Depan | 80/90-14 | |
Ban Belakang | 90/90-14 | |
Rem Depan | Cakram | |
Rem Belakang | Tromol | |
Sistem Rem | Combi brake system |
Spesifikasi Yamaha X-Ride 125 2024 | ||
---|---|---|
Dimensi | ||
P x L x T | 1.860 x 740 x 1.070 mm | |
Sumbu Roda | 1.260 mm | |
Tinggi Tempat Duduk | 760 mm | |
Jarak Terendah | 135 mm | |
Berat Isi | 98 kg | |
Kapasitas Tangki | 4,2 liter | |
Mesin | ||
Tipe | 4 Langkah, 2 Valve SOHC, Berpendingin Udara, BlueCore | |
Kapasitas | 125 cc | |
Rasio kompresi | 9,5 : 1 | |
Diameter x Langkah | 52,4 x 57,9 mm | |
Suplai Bahan Bakar | Injeksi | |
Transmisi | V-Belt Automatic | |
Tenaga Maksimal | 9,5 PS @ 8.000 rpm | |
Torsi Maksimal | 9,6 Nm @ 5.500 rpm | |
Rangka & Kaki-Kaki | ||
Tipe Rangka | Underbone | |
Suspensi Depan | Teleskopik | |
Suspensi Belakang | Tunggal | |
Ban Depan | 80/80-14 | |
Ban Belakang | 100/70-14 | |
Rem Depan | Cakram | |
Rem Belakang | Tromol |
Spesifikasi Suzuki Nex Crossover 2024 | ||
---|---|---|
Dimensi | ||
P x L x T | 1.890 x 765 x 1.055 mm | |
Berat Isi | 94 kg | |
Kapasitas Tangki | 3,6 liter | |
Mesin | ||
Tipe | 4 Langkah, 1 silinder, SOHC 2 valve, pendingin udara, SEP | |
Kapasitas | 113 cc | |
Diameter x Langkah | 51 x 55,2 mm | |
Suplai Bahan Bakar | Injeksi | |
Transmisi | CVT | |
Tenaga Maksimal | 9 PS @ 9.000 rpm | |
Torsi Maksimal | 8,7 Nm @ 6.000 rpm | |
Rangka & Kaki-Kaki | ||
Tipe Rangka | Underbone | |
Suspensi Depan | Teleskopik | |
Suspensi Belakang | Tunggal | |
Ban Depan | 80/90-14 | |
Ban Belakang | 90/90-14 | |
Rem Depan | Cakram | |
Rem Belakang | Tromol |