Rp 40 Jutaan, Mending Honda CBR250RR Bekas atau Yamaha R15 Connected?

Honda CBR250RR bekas dan Yamaha R15 Connected.
  • CBR250RR unggul telak soal performa.
  • Yamaha R15 Connected punya fitur menarik dikelasnya.
  • Harga sama-sama Rp 40 jutaan.

Honda CBR250RR jadi salah satu motor sport 250 cc yang punya performa paling baik saat ini.

Ya meski pasar motor sport kian tergerus, tapi tetap jadi model yang menarik untuk dimiliki.

Desain full fairing nan sporty, teknologi canggih dan performa jempolan jadi nilai jualnya.

Walaupun kini motor matic semakin dominan, namun pesona motor sport tetap tak bisa disingkirkan.

Pilihannya pun beragam, ada yang baru ada pula yang bekas, dengan kapasitas mesin umumnya 150 cc dan 250 cc.

Baca juga : Daftar Fitur Andalan Yamaha R15M Connected-ABS 2022 Yang Tak Dimiliki Kompetitor

Dan seiring masa, motor yang dulu dijual mahal kini semakin terjangkau dan motor baru kian mahal.

Contoh dengan budget Rp 40 juta, kalian bisa menebus Honda CBR250RR bekas yang tentunya masih menggoda untuk dimiliki.

Atau malah Yamaha R15 baru tipe Connected yang harganya kini sudah nempel sport 250 cc itu. Kira-kira dari keduanya, baiknya pilih yang mana nih?

Harga Honda CBR250RR Bekas Mulai Rp 40 Jutaan

Dirilis pertama dengan harga Rp 62,9 juta untuk tipe Standard dan Rp 68,9 juta untuk tipe ABS.

Honda CBR250RR ini menjadi penerus Honda CBR250R yang kurang diterima masyarakat.

Kehadiran motor berjuluk Baby RR itu menjadi produk yang bisa bejaban melawan kompetitor sekelas.

Honda CBR250RR bekas tahun 2016.

Yup, apalagi jika bukan Kawasaki Ninja 250 dan Yamaha R25, yang saat itu memang jadi pemain kuat.

Honda CBR250RR menawarkan desain agresif, teknologi Ride by Wire hingga adanya Riding Mode.

Baca juga : Honda CBR250RR 2022 Ada Warna Baru, Simak Lagi Beda Antar Tipenya

Hal ini membuatnya menarik, dan saat ini menjadi produksport 250 cc yang disukai semua kalangan.

Dan kini tentu saja unit bekasnya mulai banyak terlihat di pasaran, harganya pun sudah turun banyak.

Memantau situs jual beli online, saat ini Honda CBR250RR bekas dilepas mulai Rp 40 jutaan.

Yamaha R15 Connected warna baru.

Bahkan ada yang dilepas Rp 35 jutaan, harga ini untuk unit keluaran tahun 2016.

Namun ada pula yang melepasnya lebih tinggi, ini biasanya terkait dengan kondisi unit dan part aftermarket yang menempel.

Lantas bagaimana jika dibandingkan dengan Yamaha R15 Connected, yang kini harganya sudah tembus Rp 40,175 juta on the road Jakarta?

Performa : Honda CBR250RR Unggul Telak

Secara kapasitas mesin sudah beda, tentu saja performa mesin keduanya berbeda signifikan.

Honda CBR250RR bekas keluaran sebelum 2020 atau sebelum ada versi SP, output tenaganya sudah besar dari sport 250 cc lain.

Part mesin Honda CBR250RR.

Tepatnya 38,7 PS di 12.500 rpm dengan torsi maksimal yang bisa mencapai 23,3 Nm di 11.000 rpm.

3 Riding Mode tidak mengubah output dari mesin, melainkan respon mesin saja.

Spesifikasinya 249,8 cc, parallel twin, DOHC 8 katup, pendingin cairan dipadu transmisi manual 6 speed.

Sementara Yamaha R15 Connected mengandalkan dapur pacu 155,1 cc bertenaga 19,3 PS di 10.000 rpm.

Baca juga : Honda CBR250RR makin Mahal, PWR-nya Paling Baik?

Torsi maksimal yang bisa digapai menyentuh 14,7 Nm di 8.500 rpm. Maka Honda CBR250RR 2 kali lipat lebih bertenaga.

Begitu pula dengan torsi yang cukup terasa bedanya, karena ada selisih 4 Nm.

Fitur : Relatif Sama Canggihnya

Fitur Assist & Slipper Clutch Yamaha R15 Connected.

Bicara fitur keduanya sudah masuk kategori canggih, bahkan Yamaha R15 Connected jadi sport 150 cc tercanggih saat ini.

Nah, secara fitur keduanya, pertama bisa dilihat dari penerapan lampu LED, meski Yamaha masih menyisakan lampu sein bohlam untuk R15 Connected.

Kemudian panel meter sudah full digital dengan informasi beragam dan lengkap!

Lanjut ada rem cakram pada kedua roda, suspensi depan kompak pakai upside down dan belakang tipe monosok.

Fitur lainnya ada konektivitas gawai pada R15 Connected, sedangkan CBR250RR punya 3 Riding Mode, Comfort, Sport dan Sport+.

Panel meter Honda CBR250RR.

Lalu pada mesin keduanya, sudah terdapat Assist & Slipper Clutch pada rumah koplingnya.

Fitur ini yang mengurangi efek roda terkunci karena downshift cepat, serta membuat tuas kopling ringan ditarik.

Dimensi : Bobot Beda Signifikan

Tentunya dengan kubikasi mesin lebih besar, CBR250RR punya bobot yang lebih berat.

Yakni mencapai 166 kg, berbanding 137 kg untuk Yamaha R15 Connected, praktis untuk harian akan lebih lincah gacoan Yamaha.

Tapi secara dimensi, hanya panjang keduanya yang terpaut signifikan sementara lebar dan tinggi masih mirip.

Tinggi jok lebih rendah, pas untuk harian.

Honda CBR250RR punya dimensi 2.061 x 724 x 1.114 mm sedangkan Yamaha R15 Connected 1.990 x 725 x 1.135 mm.

Lalu sumbu roda juga beda lumayan dengan perbandingan 1.385 mm dan 1.325 mm.

Tapi yang menarik, tinggi jok Honda CBR250RR lebih rendah dengan 790 mm dan Yamaha R15 Connected 815 mm.

Praktis untuk pijakan kaki, akan lebih mudah mengendarai Honda CBR250RR meski bobotnya lebih berat.

Baca juga : Cek Daftar Perubahan Yamaha R15 2022, Makin Berteknologi Tak Cuma Ganti Bodi

Kesimpulan

Kami tak membahas desain, karena ini soal selera, yang mana Honda memberikan tampilan yang agresif dan serba tajam.

Yamaha R15 Connected ukurannya dibuat lebih besar.

Sedangkan Yamaha menerapkan gen R-Series pada desain Yamaha R15 Connected yang nampak sporty.

Dan jika memilih Honda CBR250RR bekas, maka harus dipersiapkan dana ekstra untuk perawatan setelah pembelian.

Kemudian biayanya tentu lebih mahal dari motor 150 cc, seperti harga oli mengingat volume yang lebih besar.

Yamaha R15 sendiri walau kalah tenaga, namun perawatannya relatif mudah karena mesin yang juga dipakai untuk banyak model.

Sekarang kembali pada kalian terkait selera desain, kebutuhan dan juga dana pastinya.
 

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Video Pendek Terkait

Perbandingan Motor Terkait

Cicilan ADV 160 masih sejutaan. Test konsumsi BBM Honda BeAT terbaru. Alasan pilih Yamaha NMax Neo. Panduan membeli yang kami hadirkan sepanjang pekan lalu menarik banyak minta pembaca berita motor Autofun.co.id. Diantaranya ada simulasi kredit Honda ADV 160, yang merupakan motor matic Honda paling mahal saat ini. Kemudian ada review Honda BeAT terbaru, yang berstatus motor matic entry level terlaris. Tapi tak ketinggalan info Yamaha NMax, yakni alasan kenapa tipe Neo menarik untuk dibeli. Terma
Subsidi sebesar Rp 7 juta. Insentif berupa reimbursment. Jika dihentikan, momentum bisa hilang. Kebijakan pemerintah untuk mendorong percepatan penggunaan kendaraan elektrifikasi, termasuk subsidi motor listrik, diharapkan bisa berlanjut di masa kepemimpinan Presiden terpilih Prabowo Subianto. Hal ini diungkapkan Sekretaris Asosiasi ekosistem Mobilitas Listrik (AEML) Rian Ernest beberapa waktu lalu. Menurut Ernest, insentif khusus untuk roda dua yang sudah diterapkan tetap dijalankan, karena pel
Pertamax baru naik harga 10 Agustus lalu. Kini dilepas Rp 12.950 per liter. Operator SPBU swasta juga turunkan harga. Tren harga bahan bakar minyak (BBM) kembali berubah pada awal bulan September 2024 ini. Jika Agustus lalu sempat naik cukup signifikan, maka bulan ini kembali turun. Yup, pengguna Honda PCX 160 kembali tersenyum nih! Bahkan PT Pertamina (Persero), kembali menjual Pertamax dengan harga lama setelah sebelumnya sempat naik jadi Rp 13.700 per liter. Pada Agustus kemarin, harga BBM ok
Diskon bisa capai Rp 2 juta. Khusus pembelian kredit, diskon lebih besar. Stok, tipe dan warna semakin terbatas. Meski sudah ada generasi terbaru, namun sejumlah dealer masih menjual Yamaha NMax generasi kedua atau kerap disebut NMax New. Unit-unit yang ada pun sudah semakin terbatas, mengingat PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) sudah tak memproduksinya. "Sisa yang tipe Standard saja sih kalo di sini, yang Connected sudah habis," ujar salah satu tenaga penjual di Yamaha Era Pasar Min
Hybrid bantu saat motor berakselerasi. Assist hybrid aktif selama 3 detik dan sampai 5.500 rpm saja. Suhu mesin dan voltase aki jadi syarat agar hybrid bisa aktif. Yamaha Fazzio jadi salah satu model Classy Yamaha yang punya fitur hybrid yang membantu akselerasi motor. Sistem hybrid ini memang jadi salah satu nilai jual dari matic bergaya retro modern tersebut, karena bisa membantu hemat bahan bakar juga. Masih banyak yang bertanya-tanya soal cara kerja sistem hybrid yang diusungnya. Kami telah

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 32,17 - 36,30 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda CBR250RR
Lihat