Sebelum kemunculan Honda ADV bermesin 350 cc yang sempat menyeruak pada tahun 2021 lalu, Honda Forza 350 sudah lebih dulu hadir.
Kala pabrikan Jepang tersebut baru sekedar desas-desus, pabrikan motor asal Tiongkok justru bergerak cepat.
Dayang meluncurkan Vorei ADV 350 2021 yang memiliki rupa seperti Honda ADV 150 yang merupakan motor matic bergaya petualang.
Dan benar saja, seperti prediksi yang beredar, Honda ADV 350 yang hadir pun memiliki rupa mirip Honda ADV 150.
Begitu pula Dayang yang membuat Vorei ADV 350 berbasiskan desain Dayang ADV 150, karena tradisi ATM alias amati tiru modifikasi masih dipegang teguh pabrikan Cina.
Baca juga: Jiplak Habis-Habisan, Dayang Bikin Kembaran Honda ADV 150 Pakai Teknologi Hybrid dan Kamera Ganda
Sekilas, perawakan yang dibawanya sangat mirip Dayang ADV 150 yang sudah lebih dulu hadir dan terinspirasi dari Honda ADV 150 juga.
Bedanya, wajah Dayang Vorei ADV 350 dibuat lebih atraktif. Susunan lampu utamanya serupa (menggunakan LED empat titik).
Sajian daytime running light (DRL) kepunyaan skutik 350 cc Dayang memiliki bentuk tidak sama.
Termasuk pula soal sematan lampu sein LED yang terpisah dari lampu tambahan tersebut.
Lantaran punya kapasitas mesin besar, wajar jika dimensi Dayang Vorei ADV 350 tak sama dengan sang adik.
Tubuh skutik satu ini jauh lebih gambot. Walaupun, bahasa desain yang dibawanya tetap merujuk kepada pemilik basis.
Demikian halnya desain dan pola lampu belakang - sama persis dengan Dayang ADV 150.
Baca juga: Tiruan Honda ADV150 Asal Cina masuk Malaysia, Bakal ke Indonesia juga?
Persamaan kembali tampak pada kaki-kaki belakang. Vorei Dayang ADV 350 2021 pun memakai shock absorber ganda berpelengkap tabung.
Diferensiasi jelas terltak kepada ukuran di mana suspensi belakang skutik ini punya jarak main lebih tinggi.
Pengaturan demikian pun terlihat jelas pada peredam kejut bagian depan. Fork teleskopik yang dipakai ADV 350 jelas berbeda dengan ADV 150.
Sayang, pelek ukuran belang (14-13 inci) darinya bukanlah model palang bintang seperti ADV 150.
Sementara untuk penghenti laju, terletak di sisi kanan roda (pengereman Dayang ADV 150 di sebelah kiri).
Baik rem depan maupun belakang sudah menggunakan cakram dan semestinya pula disusupi sensor ABS (antilock braking system).
Baca juga: Lagi-Lagi Motor Asal Cina, Begini Wujud Asli Motor Yang Disangka Honda Vario 160
Perihal mesin, Dayang Vorei ADV 350 mengandalkan jantung mekanis satu silinder berkapasitas total 333 cc.
Dengan bekalan tersebut dia sanggup menorehkan output sebesar 29,5 PS dan 33,5 Nm.
Sementara sang rival yaitu Honda Forza 350, dimodali jenis mesin serupa dengan kubikasi sedikit di bawah (330 cc).
Alhasil, skutik Honda mencatatkan tenaga dan torsi masing-masing 29,1 PS @7.500 rpm dan 31,5 Nm @5.250 rpm.
Kita ketahui, sematan berupa fitur traction control menjadi hal yang umum pada skutik bongsor ini.
Ya, bukan cuma Honda Forza 350, kompetitor lain semisal Yamaha XMax pun punya sematan serupa.
Kendati begitu, fitur guna meminimalisasi roda belakang tergelincir itu tak ditemui pada Dayang Vorei ADV 350.
Baca juga: Tampang Gahar Ala Ducati Panigale, Ini Sosok Skutik Taiwan Bermesin 400 Cc
Dayang justru memanjakan pembeli Vorei ADV 350 dengan fitur kamera ganda.
Seperti versi 150 cc-nya, kamera yang sudah berkualitas HD itu berlokasi di bagian depan dan belakang bodi.
Pemandangan dari kedua sisi, dapat dilihat langsung dan direkam melalui layar TFT yang sekilas berukuran sama dengan ADV 150.
Sudah barang tentu pula panel meter milik Dayang Vorei ADV 350 diperkaya fitur tambahan konektivitas gawai, pemberitahu jika ada masalah pada ban (tire problem alert) hingga navigasi.
Fitur tersebut bersanding dengan informasi lain yaitu spidometer, takometer, odometer, jam digital, suhu mesin hingga fuel meter.
Penawaran inilah yang membuat Dayang Vorei ADV 350 lebih canggih dari Honda Forza 350 maupun Yamaha XMax 300.
Untuk pasar Cina, Dayang Vorei 350 2021 dijual dengan banderol sekitar Rp 62 jutaan.
Coba bandingkan dengan Honda Forza 350 2021 yang dipasarkan dengan harga Rp 80 jutaan di negara Thailand.
Namun kini baik Honda Forza 350 punya tampang baru serta fitur yang juga sudah lebih modern, yakni Honda Smartphone Voice Control System.
Yang mana fitur ini bisa mengontrol aplikasi Honda Roadsync tanpa harus mengalihkan pandangan dari jalanan.
Namun sayangnya fitur tersebut tak hadir pada Honda Forza 250 terbaru versi Indonesia, yang dikenalkan pertengahan tahun ini.
Untuk versi lokal hanya ada update minor berupa layar LCD pada panel meter menjadi lebih besar.
Fitur andalan windshield electric adjustable masih dipertahankan, yang mana tak dimiliki kompetitor sekelas.
Namun ubahan bodi yang diterapkan cukup berbeda signifikan dibandingkan model lamanya, dengan tetap mengusung aura premium.
Berbeda pula dengan Yamaha XMax yang mana pada model 2023 mendapatkan upgrade signifikan dari sisi tampilan juga teknologinya.
Yang paling diandalkan ada fitur Y-Connect, serta navigasi Garmin Street Cross yang mana jarang motor matic dibekali fitur navigasi seperti ini.
Apalagi untuk pasar lokal kini juga hadir dengan varian premium yang diwujudkan lewat Yamaha XMax Tech Max.
Pada varian baru ini, sosok matic Yamaha itu tampil lebih mewah dengan penambahan sejumlah aksesoris.
Antara lain jok comfot, pijakan kaki alumunium, handgrip embos Tech Max, emblem Tech Max serta warna baru yang disebut Magma Black.