Kulik Spek Kawasaki Ninja e-1 dan Z e-1, Bisa Ngebut 105 Km/jam!

Motor listrik Kawasaki.
  • Bisa dikebut sampai 105 km/jam.
  • Punya fitur Walk Mode.
  • Ada fitur e-boost.

Merek Jepang kembali memanaskan segmen motor listrik, usai Kawasaki merilis Ninja e-1 dan Z e-1 di Jakarta (17/11/2023).

Keduanya mengambil basic bodi dan rangka dari mesin bensinnya yang lebih dulu hadir.

Ninja e-1 mengambil basic dari Ninja 400 begitu pula untuk Z e-1 mengambil basic dari Z400.

Dengan begitu secara garis desain dan kaki-kaki keduanya tidak ada beda dengan versi mesin konvensional.

Keduanya pun hanya punya satu opsi warna yakni Metallic Bright Silver / Metallic Matte Lime Green / Ebony.

Tenaga Puncak 9 kW

Motor penggeraknya menggunakan tipe mid drive permanent magnet synchronous motor, dengan pendingin udara.

Sumber penggerak tersebut diklaim setara dengan performa mesin 125 cc, dengan output maksimal 9 kW atau 12 PS.

Namun keluaran tenaga rerata dikisaran 5 kW atau sekitar 6,8 PS pada 2.800 rpm.

Namun torsinya besar mencapai 40,5 Nm di 0-1.600 rpm, khas motor listrik yang instan dan langsung terasa tendangannya.

Tenaga rata-rata 5 kW dengan puncaknya 9 kW.

Baik Kawasaki Ninja e-1 dan Z e-1 dibekali dengan dua buah baterai lithium ion, yang tersimpan di balik tangkinya.

Baterai itu punya spesifikasi 50,4 V dan 30 Ah, yang bisa dicas dengan tiga cara, lewat bawah baterai, charging dock atau via soket di belakang motor.

Waktu pengisian daya membutuhkan waktu 3,7-4 jam untuk terisi penuh, atau 1,6-2 jam dari 20% sampai 80%.

Spesifikasi baterainya yakni lithium ion berdaya 50,4 V / 30 Ah, dan menggunakan dua buah baterai.

Motor ini pun dijual sudah lengkap berikut dengan sepasang baterai, adaptor dan juga charging dock.

Baca juga : Kawasaki Ninja e-1 dan Z e-1 Mengaspal di Indonesia, Harga Rp 140 Jutaan

Baterai ada di balik tangki.

Kawasaki Ninja e-1 Bisa Ngebut Sampai 105Km/jam

Top speed yang bisa dicapai keduanya berbeda-beda, pertama kami bahas untuk Kawasaki Ninja e-1 terlebih dulu.

Motor ini memiliki kecepatan maksimal 64 km/jam pada mode ECO dan 88 km/jam pada mode ROAD.

Sedangkan mode ECO ditambah e-boost, maka bisa menjadi 75 km/jam.

Dan kecepatan tertinggi 105 km/jam dengan mode Road dan e-boost diaktifkan.

E-boost sendiri bisa dipakai untuk memberikan tenaga tambahan selama 15 detik saja.

Panel meter digital.

Kemudian untuk Kawasaki Z e-1, kecepatan pada mode ECO 62 km/jam dan mode ROAD 85 km/jam.

Namun dengan e-boost, pada mode ECO bisa melaju hingga 72 km/jam dan mode ROAD menyentuh 101 km/jam.

Yang menarik, Ninja e-1 kami gas ditempat dengan posisi motor distandar paddock, kecepatan ROAD dengan e-boost bisa menyentuh 116 km/jam!

Mode Walk Mode 

Yang menarik, ada mode Walk Mode yang bisa dipakai untuk membantu pergerakan motor diarea parkir.

Untuk menggunakan fitur ini, cukup dengan menekan tombol disetang sebelah kiri, menyatu dengan tombol MODE.

Tombol WALK Mode menyatu dengan MODE.

Pada mode ini, motor bisa bergerak maju dengan kecepatan maksimal 5 km/jam dan mundur dengan 3 km/jam.

Untuk bergerak maju caranya dengan memutar tuas gas seperti biasa, tapi kalau mundur maka putar tuas gas ke arah depan.

Unik!

Kesimpulan

PT Kawasaki Motor Indonesia sudah membuka pre-order untuk pemesanan Ninja e-1 dan Z e-1 diseluruh jaringan penjualannya.

Konsumen yang telah memesan akan mendapatkan unit tahun depan, sekitar bulan Maret 2024.

Siapkan kocek Rp 149,9 juta untuk Ninja e-1 dan Rp 146,9 juta untuk Z e-1, dan harga tersebut on the road Jakarta.

Spesifikasi
  Ninja e-1 Z e-1
Dimensi 1.980 x 690 x 1.105 mm 1.980 x 730 x 1.035 mm
Sumbu Roda 1.370 mm
Jarak Terendah 160 mm 170 mm
Berat 140 kg 135 kg
Tipe Motor Permanent magnet synchronous
Baterai Lithium ion pack x 2
Kapasitas Baterai 50.4 V / 30 Ah x 2
Pengisian Baterai 3,7 h x 2
Riding Mode ECO & ROAD
Topspeed 64 km/jam & 88 km/jam 62 km/jam & 85 km/jam
Topspeed + e-boost 75 km/jam & 105 km/jam 72 km/jam & 101 km/jam
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Monosok
Ban Depan 100/80-17
Ban Belakang 130/70-17
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Cakram
Harga (estimasi) Rp 149,9 juta Rp 146,9 juta
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Video Pendek Terkait

Perbandingan Motor Terkait

Kecelakaan yang melibatkan kendaraan roda dua mencapai 72 persen. Korlantas Polri tunjuk komunitas motor sebagai duta keselamatan berkendara. Gebyar Keselamatan 2023 menjadi wadah Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas Polri) untuk menggiatkan keselamatan dan kepatuhan berkendara di masyarakat. Dalam giat yang berlangsung di Lapangan Pusdik Lantas Polri, Sabtu (18/11/2023), pihak Korlantas Polri memberikan coaching clinic mengenai keselamatan berkendara. Diikuti 900 bikers da
Akselerasi Honda CRF250 Rally lebih cepat. Mesin Honda CRF250L lebih agresif. Harga terpaut Rp 13 jutaan. PT Astra Honda Motor (AHM) memiliki dua produk sport 250 cc yang masuk kategori dual sport, yakni CRF250 Rally dan CRF250L. Yang disebut pertama sudah hadir di Indonesia sejak tahun 2017 lalu, dan CRF250L baru debut tahun ini. Keduanya punya beda harga Rp 13,030 juta untuk OTR Jakarta, karena CRF250 Rally dibanderol Rp 92,930 juta sedangkan CRF250L hanya Rp 79,900 juta. Tapi keduanya ternyat
Upgrade dari atas sampai bawah. Slang rem dan kaliper punya beragam pilihan warna. Gaya gesek kampas rem dengan cakram jadi lebih besar. Perangkat rem jadi hal yang cukup krusial pada sepeda motor matic, pasalnya motor matic memiliki engine brake yang sangat minim. Beda dengan motor manual yang saat deselerasi akan lebih terasa, apalagi jika dibarengi dengan menurunkan gigi membuat kinerja rem tidak terlalu berat. Bagi pemilik Yamaha Grand Filano yang merasa remnya kurang pakem, bisa melakukan u
Keduanya punya konsep dan peruntukan berbeda. Tangki CRF250 Rally lebih besar cocok untuk turing. CRF250L punya desain ramping yang lincah di jalur sempit. Setelah sukses dengan Honda CRF250 Rally yang diluncurkan tahun 2017, PT Astra Honda Motor (AHM) masuk segmen trail 250 cc dengan Honda CRF250L. Keduanya ini punya harga terpaut jauh, bedanya mencapai Rp 13,030 juta untuk OTR Jakarta, karena CRF250 Rally dibanderol Rp 92,930 juta sedangkan CRF250L hanya Rp 79,900 juta. Lantas dengan beda harg
Didatangkan langsung dari Jepang secara utuh. Setara motor bensin 125 cc. Punya teknologi e-boost. Lagi-lagi PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) menjadi pionir di Indonesia dengan menghadirkan produk terbarunya sebelum pabrikan lain. Kali ini KMI secara resmi memperkenalkan dan menjual motor listrik pertamanya di Indonesia yang didatangkan secara utuh dari Jepang. Diberi nama Kawasaki Ninja e-1 dan Z e-1 dengan tagline Spark a New Era yang sebelumnya sudah mulai dijual di Amerika Serikat. Keduanya

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Kawasaki Ninja 250
Lihat