Jangan Panik Saat Remote Keyless Yamaha Nmax Hilang, Segera Lakukan Hal Ini

Smart Key System Yamaha NMax.
  • Kunci jenis ini lebih aman.
  • Yamaha NMax sudah pakai Smart Key.
  • Ada cara darurat jika remote hilang.

Yamaha Nmax sejak generasi kedua dan kini generasi ketiga, sudah disematkan dengan kunci Smart Key System dengan remote.

Cukup hanya dengan mengantongi remote saja, motor sudah bisa diaktifkan. Saat remote keyless dekat di motor atau diletakkan di kantong.

Kemudian cukup putar tuas kontak, dan starter motor bisa dihidupkan. Sebaliknya untuk mematikan tinggal putar kontak ke off. 

Dengan teknologi tersebut, operasional motor saat menyalakan atau menghidupkan motor jadi lebih mudah.

Pada Yamaha NMax terbaru, fitur ini dapat ditemukan pada tipe Neo S hingga Turbo Tech Max Ultimate.

Baca Juga: Rem ABS Yamaha Nmax Lama Bermasalah? Duh Siap-Siap Kantong Jebol Nih

Ini karena remote keyless Yamaha Nmax sudah dilengkapi immobilizer. Teknologinya pakai transponder yang bisa memancarkan sinyal ke otak motor yakni Engine Control Unit (ECU).

Bila kode sinyalnya sama, sistem kelistrikan maupun mesin bisa difungsikan. Kalau tidak, tentu motor pun enggan untuk diaktifkan.

Kalau Remote Keyless Yamaha NMax Hilang?

Misalnya remote keyless tanpa sadar hilang atau tidak terbawa bepergian, maka motor tak bisa dihidupkan lagi nantinya.

Untuk mengatasi itu tak perlu panik, ada beberapa pertolongan pertama yang bisa dilakukan pemiliknya. 

Remote keyless Yamaha Aerox, serupa kepunyaan Yamaha Nmax terbaru.

1. Aktifkan Mode Darurat 

Pertama bisa terapkan mode darurat. Tapi untuk melakukan ini pemilik Yamaha Nmax wajib tahu ID remote keyless motornya.

Kode ini didapatkan di awal saat penyerahan motor ke konsumen berupa 6 digit angka pada kertas berwarna merah, saat unit motor baru dikirim dari dealer.

  • Simpan dan ingat baik-baik kode ini. Bila ingat, maka mode darurat bisa dijalankan. Caranya: 
  • Tekan tuas kontak sampai indikator kunci pada panel instrumen berkedip sekali
  • Lakukan sampai 3 kali hingga indikatornya menyala terus lalu mati
  • Kemudian masukkan kode digit angka ID remote. Misalnya 123456
  • Tekan lagi tuas kontak tadi sampai indikator berkedip satu kali untuk memasukkan kode digit pertama yakni angka 1, lalu lepas
  • Lalu tekan lagi dan tahan sampai kedipannya 2 kali sebagai tanda digit angka kedua telah dimasukkan, lakukan seterusnya sampai digit ke-6
  • Setelah sudah tampilan speedometer akan aktif, tuas kontak bisa diputar untuk menyalakan mesin.

ID remote keyless Yamaha Nmax yang didapatkan dalam paket pembelian.

2. Pakai Remote Baru Untuk Yamaha NMax

Kalau remote keyless Yamaha Nmax benar-benar hilang, selain pakai mode darurat juga bisa pakai yang baru.

Asalkan pemilik motor hafal ID remote-nya. Caranya bisa langsung bertandang ke bengkel Yamaha terdekat untuk membelinya.

Tapi perlu ingat, pembeliannya tak bisa sembarang. Pemilik harus bisa menunjukkan bukti kepemilikan seperti STNK dan KTP sehingga petugas di bengkel bisa memastikan keabsahan pemilik aslinya. 

Operasional motor Yamaha Nmax yang sudah keyless lebih mudah.

Baca Juga: Yamaha Nmax 155 Lama Masih Dijual, Tipe ABS Lebih Mahal Dari Nmax 155 Terbaru!

Setelah itu, proses penerbitan remote keyless Yamaha Nmax baru bisa dilakukan dengan menyamakan atau mem-pairing sesuai kode ID yang diingat.

Lalu dihubungkan ke motor. Harganya remotenya Rp 608 ribu, dan remote bisa dipakai sebagaimana mestinya. 

3. Tak Ingat Kode ID, Wajib Beli Kontak Baru

Celakanya jika keyless remote beserta kode ID Yamaha Nmax ikutan hilang, maka tak ada solusi selain penggantian satu set remote keyless dan control unit yang ada di motor.

Harganya lebih mahal lagi mencapai Rp 1,235 juta berdasarkan katalog suku cadang Yamaha. Itu pun belum termasuk komponen lain. 

Teknisi sedang memperbaiki Yamaha Nmax generasi kedua.

Proses ini akan lebih aman karena menggunakan komponen dengan ID baru. Jadi remote keyless yang tadinya hilang atau ternyata dicuri, maka tak bisa digunakan untuk menghidupkan mesin karena kode keyless-nya sudah berbeda. 

Oleh karena itu sebelum terlambat, ada baiknya selalu ingat kode ID remote keyless Yamaha Nmax kalian ya.

Kemudian simpan kertas berisikan kode saat awal pembelian di rumah. Sehingga misalnya lupa, orang di rumah bisa membantu memberitahukan kodenya. 

Baca Juga: Master Rem Yamaha NMax Terlihat Simpel, Ternyata Ada Banyak Komponen Loh!

Sekilas Yamaha NMax Generasi Ketiga

Model generasi ketiga itu kini memiliki total 5 tipe yang berbeda-beda, dengan rentang harga yang cukup besar.

Tipe terendah dilepas Rp 32,855 juta hingga tipe paling mahal menyentuh Rp 45,405 juta.

Ragam tipe Yamaha NMax terbaru.

Harga tersebut on the road Jakarta, dan dengan tipe yang ada jelas memperluas pilihan untuk konsumen.

Bukan hanya tipe yang bertambah banyak, tapi secara tampilan pun berubah signifikan.

Tampangnya semakin agresif, mirip wajah predator dengan lekuk garis-garis yang tegas.

Pada generasi terbaru ini, Yamaha menawarkan 5 tipe yang mana punya 2 spesifikasi mesin yang berbeda.

Secara garis besar, motor ini punya spesifikasi 4-tak, SOHC 4 katup, VVA dengan pendingin cairan, dengan kapasitas 155,09 cc.

Ukuran piston 58 mm dengan langkah piston 58,7 mm, rasio kompresi 11,6 : 1.

Teknologi YECVT.

Tenaga maksimalnya 15,3 PS di 8.000 rpm, sama dengan generasi sebelumnya, namun torsi maksimal naik 0,3 Nm menjadi 14,2 Nm di 6.500 rpm.

Secara output, jelas mesin pada Yamaha NMax terbaru ini bakal lebih gacor, karena torsi lebih kuat.

Nah, bedanya pada varian 'Turbo' terdapat fitur Yamaha Electronic Continuous Variable Transmission (YECVT).

Fitur ini mengatur gerak pulley depan (Primary Sheave) secara otomatis, dengan adanya motor penggerak.

Motor penggerak ini akan mengatur sudut pulley depan dengan perintah dari Transmission Control Unit (TCU).

Tidak hanya pada Primary Sheave, sensor speed juga terpasang pada pulley belakang (Secondary Sheave), yang mengirim data ke TCU.

Karena pengaturan sudut pulley sudah otomatis, makan tak ada roller lagi pada Nmax 'Turbo'.

Tombol Y-Shift.

Dengan fitur ini pula, memungkinkan pengendara melakukan perpindahan gigi rasio CVT saat dibutuhkan.

Ada tombol Swift pada setang kiri, yang bisa dipilih dengan 3 tingkatan berbeda.

Shift 1 baru bisa dipakai saat putaran mesin sekitar 3.500 rpm karena harus nunggu kampas ngembang, agar torsi lebih dapat.

Shift 2 sekitar 5.000 rpm, karena pengendara butuh torsi tambahan, jadi rasio turun maka rpm makin tinggi.

"Shift 3 di 8.000 rpm ke atas, inilah rasio paling ringan dan rpm paling tinggi,” ujar Ferry Nurul Fajar dari tim Technical & Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.

Ikuti media sosial kita:

Video Pendek Terkait

Perbandingan Motor Terkait

Ubahan fokus di sisi eksterior. Laci lebih besar untuk menampung botol minum. Honda Scoopy 2025 hadir dengan fokus pada perubahan di sisi eksterior yang mana kalau dibandingkan dengan generasi sebelumnya, terdapat ubahan mencolok di sisi desain lampu dan pelek. Meski begitu ternyata harga jualnya tidak ada kenaikan, masih sama seperti harga Scoopy generasi ke-5 dengan 4 pilihan tipe. Dibanderol mulai dari Rp 22,525 juta OTR Jakarta untuk tipe Fashion dan Energetic, untuk tipe Prestige dan Stylis
Pakai teknologi YECVT. T-Mode untuk berkendara santai. S-Mode buat mesin lebih responsif. Mengusung teknologi YECVT, membuat Yamaha NMax Turbo menjadi motor matic yang punya teknologi canggih dikelasnya. Teknologi yang punya nama lengkap Yamaha Electric Continuous Variable Transmission itu memang cukup menggoda. Bagaimana tidak, dengan teknologi tersebut motor jadi seperti punya gigi transmisi, yang juga berimbas pada respon akselerasi mesin. Malah berkat teknologi YECVT, pengguna bisa mendapatk
Honda dan Yamaha memiliki motor matic retro. Harga motor matik retro Jepang lebih murah dari Vespa. Motor matic retro saat ini pilihannya tidak hanya Vespa. Bahkan Honda dan Yamaha juga turut menawarkan dengan pasar lebih besar di Indonesia. Ya, ini karena Honda dan Yamaha menyasar segmen motor matik retro dengan harga jauh lebih terjangkau jika dibandingkan Vespa. Merek Italia itu memang sangat lekat dengan image motor matic bergaya retro modern, namun harganya sudah masuk kategori premium. Bac
Banyak biker kecelakaan karena berdekatan bus dan truk Ada sejumlah cara biker hindari bus dan truk Salah satu kekhawatiran pengendara sepeda motor adalah saat bertemu kendaraan besar seperti bus dan truk di jalan raya. Pasalnya, dimensi bus dan truk yang cukup besar bisa menghalangi para rider untuk mengetahui jarak pandang ke depan. Belum lagi banyak kasus kecelakaan menimpa pengguna sepeda motor, seperti beberapa Waktu lalu terjadi kecelakaan lalu lintas, di Kawasan Teluknaga, Tangeran, Bante
Kini warna biru lebih banyak. Ada pengaturan aliran panas radiator. Mesin tak ada perubahan. Salah satu motor yang jarang terlihat di jalan namun penjualannya laris manis, ada Honda CRF250 Rally. Sejak dikenalkan pertama kalinya tahun 2017, motor ini sukses menjadi idola penikmat adventure. Dengan gaya motor reli, motor ini juga nyaman untuk perjalanan jauh, terlebih punya tangki yang terhitung besar. Honda secara global pun menghadirkan versi terbaru dari motor ini, alias CRF250 Rally 2025 bebe

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 32,17 - 36,30 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Yamaha Nmax
Lihat