Motor matic bergenre adventure di Tanah Air saat ini ada Yamaha X-Ride, yang telah hadir 2 generasi.
Meski sejatinya, kini motor yang rilis 2013 itu kalah pamor dengan Honda ADV 160 atau bahkan Honda BeAT Street yang versi barunya telah rilis.
Saat itu masih mengandalkan mesin 115 cc YMJET-FI seperti saudaranya di Thailand, Yamaha TTX.
Tapi sejak 2017 motor ini berada di segmen matic Blue Core 125 dengan mesin 125 cc berbasis Mio M3.
Meski versi yang beredar saat ini masih mengusung fitur dan tampang yang sama dengan model 2017, namun Yamaha X-Ride 125 2024 punya keunggulan yang sayang untuk dilewatkan.
Yuk, kita kulik 5 fakta menarik motor berbanderol Rp 19,96 juta ini.
Baca Juga: Cek Harga Matic Setang Telanjang, Gak Cuma Honda BeAT Street!
Jika pesaingnya seperti Honda Beat Street dan Suzuki Nex Crossover hanya dibekali mesin 110-115 cc, maka Yamaha X-Ride 125 punya modal lebih.
Yup, volumenya 125 cc dengan basis Blue Core Mio M3 yang pastinya lebih bertenaga, tapi juga diklaim tetap irit.
Sumber penggerak berteknologi DiAsil silinder dan forged piston ini diklaim bertenaga 9,5 PS di 8.000 rpm dengan torsi 9,6 Nm di 5.500 rpm. Sehingga jadi yang terbesar di kelasnya.
Rata-rata kompetitornya mengusung mesin berkubikasi 110 cc dan 115 cc, jadi secara output kalah kuat dengan gacoan Yamaha itu.
Sebagai gambaran, Honda BeAT Street yang ada versi barunya, punya output tenaga maksimal 9 PS di 7.500 rpm dan torsi 9,2 Nm di 6.000 rpm.
Sementara Suzuki Nex Crossover puya tenaga maksimal 9,1 PS di 8.000 rpm dengan torsi mencapai 8,5 Nm di 8.000 rpm.
Beralih ke kaki-kaki, Yamaha X-Ride 125 2023 memiliki keunggulan berupa sokbreker model tabung di belakang.
Bukan hanya menghadirkan kenyamanan, sok belakang itu juga mendongkrak tampilan sporty di motor tersebut.
Dan lagi-lagi, hanya Yamaha X-Ride 125 yang jadi pemilik sok tabung dikelasnya meski model fix, alias tanpa ada setelan preload.
Selain itu, ada ban tubeless bertapak lebar di kedua rodanya. Di mana pada bagian depan dilapis ban 80/80-14 dan 100/70-14 di belakang.
Dengan ukuran ban tersebut, handling dari motor ini jadi lebih mumpuni, termasuk kala dipakai menikung rebah.
Sayangnya, tapak ban masih model jalan raya, bukan dual purpose seperti Suzuki Nex Crossover.
Bobot Yamaha X-Ride 125 2023 terbilang ringan karena hanya 98 kg meski kalah ringan dari Honda BeAT Street yang cuma 89 kg saja.
Lalu dari segi dimensi juga cukup lincah sebagai motor harian, dengan ukuran P X L X T: 1860 x 740 x 1070 mm.
Lalu jarak sumbu roda ada di angka 1.260 mm. Sementara jarak terendah ke tanah juga anti mentok karena mencapai 135 mm.
Baca Juga: Gak Pasaran, Ini 5 Daya Tarik Honda BeAT Street 2023
Meski belum banyak berubah dari edisi 2017, tapi Yamaha X-Ride 125 2023 punya beragam fitur fungsional yang tersemat.
Misalnya ada pada bagasi di balik jok seluas 10,1 liter. Cukup untuk membawa perlengkapan riding seperti jas hujan dan peranti kecil lainnya.
Lalu ada tuas parking brake lock untuk menjaga posisi motor tidak bergerak saat parkir, yang pengoperasiannya terhitung mudah.
Ada juga kunci dengan Answer Back System untuk membantu menemukan motor di parkiran. Serta ada lampu hazard dan Eco Indicator di spidometer.
Bicara soal desain memang tergantung pada selera masing-masing, namun hanya motor ini yang tak mengambil basis desain dari versi matic entry level.
Sehingga untuk tampilan Yamaha X-Ride 125 2024 masih dapat disandingkan dengan dua pesaingnya yang rata-rata lahir di tahun 2020 bahkan 2024.
Apalagi kini motor tersebut punya pilihan warna dan grafis yang berani, seperti Cyan, Red dan Blue.
Jadi walaupun tampangnya nggak berubah dari 2017 tapi tetap terlihat kekinian dan beda dari kompetitor sekelas.
Dengan harga di bawah Rp 20,2 juta, Anda memang punya banyak pilihan motor matic segmen entry level.
Tapi jika ingin tampil beda dan mengincar motor harian bermesin 125 cc yang praktis, Yamaha X-Ride bisa dipinang.
Anda setuju?