Ini 5 Daya Tarik Yamaha X-Ride 125 2024, Bakal Bikin Kepincut?

Yamaha X-Ride 125 2023
  • Jadi pembuka segmen matic adventure.
  • Tampangnya bertahan sejak 2017 lalu.

Motor matic bergenre adventure di Tanah Air saat ini ada Yamaha X-Ride, yang telah hadir 2 generasi.

Meski sejatinya, kini motor yang rilis 2013 itu kalah pamor dengan Honda ADV 160 atau bahkan Honda BeAT Street yang versi barunya telah rilis.

Saat itu masih mengandalkan mesin 115 cc YMJET-FI seperti saudaranya di Thailand, Yamaha TTX.

Tapi sejak 2017 motor ini berada di segmen matic Blue Core 125 dengan mesin 125 cc berbasis Mio M3.

Meski versi yang beredar saat ini masih mengusung fitur dan tampang yang sama dengan model 2017, namun Yamaha X-Ride 125 2024 punya keunggulan yang sayang untuk dilewatkan.

Yuk, kita kulik 5 fakta menarik motor berbanderol Rp 19,96 juta ini.

Baca Juga: Cek Harga Matic Setang Telanjang, Gak Cuma Honda BeAT Street!

1. Volume Mesin Terbesar

Jika pesaingnya seperti Honda Beat Street dan Suzuki Nex Crossover hanya dibekali mesin 110-115 cc, maka Yamaha X-Ride 125 punya modal lebih.

Yup, volumenya 125 cc dengan basis Blue Core Mio M3 yang pastinya lebih bertenaga, tapi juga diklaim tetap irit.

Mesin 125 cc, paling besar.

Sumber penggerak berteknologi DiAsil silinder dan forged piston ini diklaim bertenaga 9,5 PS di 8.000 rpm dengan torsi 9,6 Nm di 5.500 rpm. Sehingga jadi yang terbesar di kelasnya.

Rata-rata kompetitornya mengusung mesin berkubikasi 110 cc dan 115 cc, jadi secara output kalah kuat dengan gacoan Yamaha itu.

Sebagai gambaran, Honda BeAT Street yang ada versi barunya, punya output tenaga maksimal 9 PS di 7.500 rpm dan torsi 9,2 Nm di 6.000 rpm.

Sementara Suzuki Nex Crossover puya tenaga maksimal 9,1 PS di 8.000 rpm dengan torsi mencapai 8,5 Nm di 8.000 rpm.

2. Punya Sokbreker Tabung

Beralih ke kaki-kaki, Yamaha X-Ride 125 2023 memiliki keunggulan berupa sokbreker model tabung di belakang.

Bukan hanya menghadirkan kenyamanan, sok belakang itu juga mendongkrak tampilan sporty di motor tersebut.

Dan lagi-lagi, hanya Yamaha X-Ride 125 yang jadi pemilik sok tabung dikelasnya meski model fix, alias tanpa ada setelan preload.

Sokbreker Yamaha X-Ride 125 2023

Selain itu, ada ban tubeless bertapak lebar di kedua rodanya. Di mana pada bagian depan dilapis ban 80/80-14 dan 100/70-14 di belakang.

Dengan ukuran ban tersebut, handling dari motor ini jadi lebih mumpuni, termasuk kala dipakai menikung rebah.

Sayangnya, tapak ban masih model jalan raya, bukan dual purpose seperti Suzuki Nex Crossover.

3. Bobot Yamaha X-Ride Ringan

Bobot Yamaha X-Ride 125 2023 terbilang ringan karena hanya 98 kg meski kalah ringan dari Honda BeAT Street yang cuma 89 kg saja.

Lalu dari segi dimensi juga cukup lincah sebagai motor harian, dengan ukuran P X L X T: 1860 x 740 x 1070 mm.

Dikemas dalam pilihan warna menarik.

Lalu jarak sumbu roda ada di angka 1.260 mm. Sementara jarak terendah ke tanah juga anti mentok karena mencapai 135 mm.

Baca Juga: Gak Pasaran, Ini 5 Daya Tarik Honda BeAT Street 2023

4. Banyak Fitur Fungsional

Meski belum banyak berubah dari edisi 2017, tapi Yamaha X-Ride 125 2023 punya beragam fitur fungsional yang tersemat.

Misalnya ada pada bagasi di balik jok seluas 10,1 liter. Cukup untuk membawa perlengkapan riding seperti jas hujan dan peranti kecil lainnya.

Bagasi luas

Lalu ada tuas parking brake lock untuk menjaga posisi motor tidak bergerak saat parkir, yang pengoperasiannya terhitung mudah.

Ada juga kunci dengan Answer Back System untuk membantu menemukan motor di parkiran. Serta ada lampu hazard dan Eco Indicator di spidometer.

5. Tampilan Timeless Yamaha X-Ride

Bicara soal desain memang tergantung pada selera masing-masing, namun hanya motor ini yang tak mengambil basis desain dari versi matic entry level.

Sehingga untuk tampilan Yamaha X-Ride 125 2024 masih dapat disandingkan dengan dua pesaingnya yang rata-rata lahir di tahun 2020 bahkan 2024.

Apalagi kini motor tersebut punya pilihan warna dan grafis yang berani, seperti Cyan, Red dan Blue.

Jadi walaupun tampangnya nggak berubah dari 2017 tapi tetap terlihat kekinian dan beda dari kompetitor sekelas.

Kesimpulan

Dengan harga di bawah Rp 20,2 juta, Anda memang punya banyak pilihan motor matic segmen entry level.

Tapi jika ingin tampil beda dan mengincar motor harian bermesin 125 cc yang praktis, Yamaha X-Ride bisa dipinang.

Anda setuju?

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Video Pendek Terkait

Perbandingan Motor Terkait

Matic 125 cc satu-satunya dari merek Jepang. Salah satu model yang disukai konsumen. Di segmen motor matic kelas 125 cc, Honda hanya punya satu jagoan saja, yakni Honda Vario 125. Skutik 125 cc ini memiliki tampilan yang menarik dengan desain yang modern dan cukup agresif. Desainnya juga sangat mirip dengan Honda Vario 150 yang sudah tak lagi dijual. Baca juga : Punya Desain Sama, Baiknya Pilih Honda Vario 125 2021 Atau Honda Vario 150 2021? Honda Vario 125 meluncur pertama kali di Indonesia pad
Pembelian sepeda motor banyak yang masih kredit Sepeda motor kredit hilang dicuri kerap terjadi Tak sedikit sepeda motor yang hilang dicuri, padahal tunggangannya masih berstatus kredit alias belum lunas. Tentu saja jika peristiwa ini terjadi pada diri Anda, perasaan kesal, kecewa dan panik akan selalu menyelimuti. Akan tetapi, satu hal yang pasti jika itu terjadi adalah menenangkan diri, karena musibah seperti itu tak ada yang menginginkan. Motor-motor favorit macam Honda BeAT, Honda Scoopy, Ya
Terdapat 2 riding modes. Kinerja CVT bisa dikontrol melalui tombol pada saklar. Peluncuran Yamaha Nmax 'Turbo' memang cukup membuat jagat otomotif khususnya roda dua cukup ramai. Karena banyak masyarakat yang penasaran dengan makna Turbo yang dimaksud tersebut. Artinya memang bukan turbo sesungguhnya melainkan sensasi akselerasi responsif yang beda dari mesin biasa. Beragam kegiatan pun terus dilakukan oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Mulai dari launching hingga technical wor
Oli mesin cuma 650 ml. Berbagi platform mesin dengan BeAT dan Genio. Kini ada kemasan oli khusus. Honda Scoopy menjadi produk ketiga yang menggunakan mesin eSP 110 cc generasi terbaru PT Astra Honda Motor (AHM). Bukan semata berukuran kompak, volume oli mesin yang ditampungnya pun lebih sedikit dibanding mesin lama buatan Honda. Lantas, apakah memengaruhi usia pakai dari pelumas tersebut? Untuk diketahui, mesin eSP 110 cc generasi anyar buatan mereka ini pertama kali disematkan pada Honda Genio.
Cicilan termurah Rp 700 ribuan. Uang muka paling tinggi Rp 4,4 juta. Kini punya 3 tipe untuk varian Sporty. Honda BeAT jelas masih menjadi primadona masyarakat Indonesia, termasuk model 2025 yang dirilis belum lama ini. Perubahannya bisa dibilang cukup banyak, karena mencakup area bodi, teknologi hingga sedikit sector mesin. Yang menjadi daya tarik dari motor ini adalah efisiensi bahan bakarnya yang sangat irit. Kemudian bobotnya yang ringan juga membuat handling lincah dan mudah untuk diperkota

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 32,17 - 36,30 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Yamaha XRide 125
Lihat